Ketua DPRD DKI Kembali Datangi KPK Terkait Formula E

Prasetyo kembali datangi KPK terkait dugaan korupsi FormulaE

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, kembali mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan. Pras, sapaan akrabnya, mengaku datang untuk mememuhi panggilan penyidik KPK terkait laporan dugaan korupsi penyelengaraan Formula E.

“Pagi ini saya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal kasus dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E,” kata Pras dalam akun Instagram pribadinya, Selasa (22/3/2022).

1. Memberikan keterangan soal Formula E

Ketua DPRD DKI Kembali Datangi KPK Terkait Formula EKetua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi datangi KPK untuk menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan Formula E, Selasa (8/2/2022). (instagram.com/PrasetyoEdiMarsudi)

Dia mengatakan, kedatangannya sebagai pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta semata-mata untuk memberikan keterangan di persoalan Formula E.

“Sebagai warga negara dan pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta, saya patuh, siap memberikan keterangan apa pun di persoalan Formula E ini,” tutur dia.

Politikus dari PDIP ini tak menjelaskan keterangan apa saja yang diberikan kepada penyidik KPK. Namun, ia berharap keterangannya bisa membuat terang permasalahan yang bergulir dalam penyelenggaraan Formula E.

“Semoga keterangan yang saya berikan dapat membantu penyidik dan membuat terang permasalahan Formula E di Jakarta,” ungkapnya.

Baca Juga: Politikus Senior PDIP DKI Jakarta Diperiksa KPK Terkait Formula E

2. Politikus senior PDIP juga diperiksa KPK

Ketua DPRD DKI Kembali Datangi KPK Terkait Formula EAnggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Syahrial, diperiksa KPK soal Formula E (IDN Times/Aryodamar)

Selain Prasetyo, anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP Syahrial juga dipanggil KPK dua pekan yang lalu. Politikus senior itu mengaku diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta.

"Intinya (diperiksa) soal prosedur dan lain-lain ya. Penyusunan penganggaran, prosedur, pembayaran kerja samanya itu saja," ujar Syahrial usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (9/3/2022).

3. Bahas soal commitment fee

Ketua DPRD DKI Kembali Datangi KPK Terkait Formula EDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Pria yang kini duduk sebagai anggota Komisi C DPRD DKI ini mengaku juga ditanya penyidik mengenai biaya komitmen penyelenggaraan Formula E. Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut materi penyelidikan yang ditanya KPK.

"Iya dibahas (soal biaya komitmen)," ujarnya.

Baca Juga: Diperiksa KPK, Ketua DPRD DKI Sebut Anggaran Formula E Pakai Ijon

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya