Ketua DPRD DKI Minta Besaran Tunjangan Anies Dibuka ke Publik 

Sebelumnya anggaran gaji DPRD DKI dikabarkan naik 

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, meminta Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, untuk membuka besaran tunjangan yang diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal ini disampaikan Prasetyo dalam rapat hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang Raperda dan APBD provinsi

“Di dalam forum ini tolong Pak Sekda melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) jelaskan berapa sih operasional gubernur, biar masyarakat juga tahu. (Uang operasional) gubernur dan wagub, dan perangkatnya semua. Selalu yang disalahkan DPRD lagi. Jadi dalam forum ini saya mau dengarkan itu aja Pak,” kata politikus PDIP itu, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Pemprov dan DPRD DKI Jakarta Sepakat APBD 2022 Rp82,4 Triliun

1. Anggaran gaji dan tunjangan DPRD DKI naik pada 2022

Ketua DPRD DKI Minta Besaran Tunjangan Anies Dibuka ke Publik Kantor DPRD Provinsi DKI Jakarta. (IDN Times/Sunariyah)

Sebelumnya, beredar informasi mengenai anggaran gaji serta tunjangan anggota DPRD DKI Jakarta yang mengalami kenaikan pada 2022. Nilainya, Rp177,37 miliar atau naik Rp26,42 miliar dibandingkan tahun lalu, yang nilainya sebesar Rp150,94 miliar. 

Hal itu diketahui dari dokumen Kementerian Dalam Negeri Nomor 903-5850 Tahun 2021 tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2022, dan Rancangan Peraturan Gubernur DKI Jakarta tentang penjabaran anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2022.

2. Ketua DPRD DKI sebut bukan gaji yang naik tapi tunjangan

Ketua DPRD DKI Minta Besaran Tunjangan Anies Dibuka ke Publik Instagram/@aniesbaswedan

“Jadi nanti tanggung jawab Pak mengenai operasional gubernur, wagub, kita terbuka saja Pak, transparan dan akuntabel. Di media saya katakan kita congak gitu di tengah situasi pandemi ini gaji dibilang naik, gaji gak pernah naik Pak kita. Jadi ada pertanyaan kemarin gaji naik, bukan gaji naik tunjangan yang naik,” kata Pras.

Marullah sendiri tak dapat menyampaikan berapa besaran tunjangan yang diterima Anies Baswedan. Sebab, ia harus menyajikan datanya secara lengkap.

3. Sekda akan siapkan data soal tunjangan yang diperoleh gubernur

Ketua DPRD DKI Minta Besaran Tunjangan Anies Dibuka ke Publik Sekda DKI Jakarta Marullah Matali (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Terkait permintaan Ketua DPRD DKI, Marullah mengatakan, “kami akan siapkan nanti, jadi mungkin tidak bisa langsung sekarang ini.”

“Saya akan sampaikan data-datanya untuk disampaikan pada rapat banggar. Nanti akan segera disiapkan oleh jajaran saya,” lanjutnya.

Baca Juga: Gerindra Setuju Jika Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya