Pemprov DKI Berlakukan Car Free Night Bertahap

Dimulai dari pukul 18.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, akan memberlakukan car free night pada malam puncak perayaan tahun baru 2023 secara bertahap.

“Untuk CFN nanti akan diberlakukan pada hari Sabtu tanggal 31 Desember mulai pukul 20.00 WIB, namun secara bertahap,” tutur Syafrin, kepada wartawan di Monas, Kamis (22/12/2022).

Car Free Night akan dimulai pukul 18.00 WIB dan akan dilakukan penutupan Jalan Sudirman Thamrin secara bertahap. 

“Waktu penutupan secara total sendiri sampai dengan 02.00 WIB pada tanggal 1 Januari 2023,” terangnya.

Baca Juga: Malam Natal Jadi Fokus Pengamanan di Tangerang

1. Pemprov DKI sediakan 40 kantong parkir

Pemprov DKI Berlakukan Car Free Night BertahapJuru parkir sedang melakukan transaksi di mesin parkir meter, Jalan Sabang, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022). (IDN Times/Deti Mega Purnamasari)

Bagi masyarakat yang hendak merayakan tahun baru di pusat Jakarta, Pemprov DKI menyediakan kantong parkir. Totalnya berada di 40 gedung parkir dan tersebar di sepanjang Jalan Sudirman Thamrin, Jakarta Pusat.

“Kami sudah mengidentifikasi, total ada 40 gedung parkir yang tersebar di sepanjang Jalan Sudirman Thamrin,” kata dia.

2. Tetap gunakan angkutan umum

Pemprov DKI Berlakukan Car Free Night BertahapPenumpang MRT Jakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Namun begitu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang hendak menuju kawasan Bundaran HI, dan juga Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin agar tetap menggunakan angkutan umum. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menuju kawasan Bundaran HI, Sudirman-Thamrin dan sekitarnya tetap menggunakan layanan angkutan umum,” jelas dia.

Baca Juga: Ada Car Free Night, Konvoi Dilarang Saat Malam Tahun Baru di Sudirman

3. Masyarakat diminta tak lakukan konvoi

Pemprov DKI Berlakukan Car Free Night BertahapSumber Gambar: s12.postimg.org

Sebelumnya, Polda Metro juga meminta masyarakat tidak melakukan konvoi di jalan meski pemerintah tak membatasi kegiatan perayaan malam tahun baru.

“Karena kan nanti Sudirman-Thamrin rencananya akan ada car free night," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Di samping itu, kepolisian juga telah memetakan beberapa tempat yang diprediksi menjadi pusat perayaan pergantian tahun. 

Antara lain, Ancol dan Kota Tua. Selain itu, Pantai Indah Kapuk (PIK) 1, PIK 2, Setu Babakan, dan beberapa tempat lain yang telah dipetakan oleh pihak Kepolisian.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya