Polisi: Artis Naufal Samudra Tetap Direhabilitasi

Naufal Samudra akan menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur

Jakarta, IDN Times - Polisi menetapkan pesinetron Naufal Samudra sebagai saksi usai diamankan terkait kasus narkoba. Naufal menjadi saksi karena tak ditemukan barang bukti dan hasil tes urine negatif. 

Kendati begitu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan Naufal tetap direhabilitasi di RSKO Cibubur sebagai upaya edukasi. 

“Saudara Naufal, penyidik sudah menetapkan statusnya sebagai saksi. Kemudian langkah berikutnya kita akan melakukan rehabilitasi terhadap yang bersangkutan kepada rumah sakit ketergantungan obat yang ada di Cibubur. Tentunya ini sebagai langkah edukasi dari kepolisian,” terang Zulpan, Sabtu (8/1/2022).

1. Rehabilitasi dalam rangka edukasi

Polisi: Artis Naufal Samudra Tetap DirehabilitasiKabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Zulpan mengatakan, rehabilitasi terhadap Naufal Samudra dilakukan dalam rangka pencegahan penggunaan narkoba khususnya kepada generasi muda. Apalagi, Naufal adalah seorang public figure

Selain itu, dasar hukum dia tetap direhabilitasi adalah Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 tentang restorative justice.

“Ini juga menyikapi dari adanya Perpol atau Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 terkait dengan restorative justice,” ungkapnya.

Baca Juga: Negatif Narkoba, Kenapa Aktor Naufal Samudra Ditangkap?

2. Naufal akan menjalani penyuluhan

Polisi: Artis Naufal Samudra Tetap Direhabilitasiinstagram.com/itsnaufalsamudra

Zulpan mengatakan Naufal di RSKO Cibubur tak menjalani hukuman, hanya mendapatkan penyuluhan baik secara mental maupun fisik. Setelah diedukasi, Naufal akan dipulangkan ke rumahnya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Di sana bukan menjalani hukuman, nanti di sana edukasi lagi, penyuluhan lagi disembuhkan. Baik secara mental maupun fisik,” terang dia.

Terkait hal tersebut, Naufal pun mengaku berterima kasih kepada jajaran Polda Metro Jaya. Ia mengakui pernah memesan narkoba dari seorang pengedar yang ditangkap kepolisian.

"Saya di sini mau menyampaikan terima kasih pada Polda Metro Jaya karena sudah mengingatkan saya kembali, memang saya posisinya sekarang sudah bersih, dan karena ada kaitannya dengan kasus kemarin, sehingga saya diberi edukasi sama Polda Metro Jaya," kata Naufal.

"Dan untuk generasi muda, jadikan ini sebagai contoh dan pelajaran, jangan coba-coba dan jangan sentuh yang namanya narkoba," ujarnya.

3. Berawal dari pengembangan kasus

Polisi: Artis Naufal Samudra Tetap Direhabilitasiinstagram.com/mr.jeffsmith

Penangkapan Naufal berawal dari pengembangan kasus terhadap Ridwan yang ditangkap pada 24 November 2021. Ridwan merupakan tersangka yang memasok narkoba jenis LSD kepada aktor Jeff Smith.

“Hasil daripada pemeriksaan penyidik terhadap tersangka saudara Ridwan, di situ memiliki rekam jejak digital yang mengaitkan saudara Naufal dan Jeff Smith yang kita amankan beberapa waktu lalu terkait narkoba jenis LSD,” jelas Zulpan.

Naufal memesan tiga kali narkoba dari Ridwan. Namun, ia tak mengambil pesananya yang ketiga lantaran sadar perbuatannya salah dan juga mengetahui bahwa Jeff Smith ditangkap polisi.

“Dia menyadari itu tidak benar dan setelah dia melihat temannya Jeff Smith diamankan kepolisian, dia menyadari itu perbuatan salah,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Artis Naufal Samudra Ditangkap Terkait Narkoba

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya