Profil Hercules, Mantan Preman Tanah Abang Kini Jadi Tenaga Ahli BUMD

Hercules ditunjuk sebagai tenaga ahli Dirut Pasar Jaya

Jakarta, IDN Times - Nama Rosario de Marshal alias Hercules tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Ainaro, Timor Leste ini punya rekam jejak yang tak biasa. 

Lelaki keturunan Timor dan Portugis ini menjadi yatim pada usia 12 tahun akibat serangan di kampung halamannya pada 1978 silam. Pada masa itu, ia pun harus kehilangan satu tangannya. Huru hara yang terjadi di Timor pada tahun tersebut lah yang membidani lahirnya julukan Hercules.

Rosario dijadikan Tenaga Bantuan Operasi (TBO) di lingkaran korps baret merah yang bertugas di Timor Timur. Dalam komunikasi ABRI di radio, Rosario punya nama sandi. 

Baca Juga: Anies Tunjuk Hercules dan Eki Pitung Jadi Tenaga Ahli Dirut Pasar Jaya

1. Asal usul nama Hercules

Profil Hercules, Mantan Preman Tanah Abang Kini Jadi Tenaga Ahli BUMD(Untuk mengenang jasa BJ Habibie atas referendum Timor Timur, pemerintah mengabadikan nama BJ Habibie sebagai nama taman dan jembatan di Timor Leste) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dia diberi nama mirip jagoan Yunani Kuno, Hercules. Panggilan itu sulit untuk tidak diterima banyak pihak. Sebab, laki-laki ini memang dikenal sangar dan bernyali besar, seperti Hercules yang kuat dalam mitologi Yunani.

Singkat cerita, ia direkrut oleh Mayjen (Purn) TNI Zacky Anwar Makarim yang tak lain adalah paman dari Mendikbud Nadiem Makarim, yang saat itu merupakan salah satu anggota korps baret merah.

Zacky Makarim lah yang membawa Hercules ke Jakarta, menurut Helene van Klinken, seorang penulis buku Anak-anak Tim-Tim Indonesia.

2. Sempat menjadi penguasa Tanah Abang

Profil Hercules, Mantan Preman Tanah Abang Kini Jadi Tenaga Ahli BUMDANTARA FOTO/Galih Pradipta

Saat tiba di Jakarta, sulit baginya untuk bertahan hidup. Hercules lantas terjerembab ke lembah hitam. Kehidupan yang keras pasca-perang di kampung halamannya, ia bawa ke Jakarta. 

Dalam banyak pemberitaan, Hercules digambarkan sebagai kepala preman yang pernah berkuasa di Tanah Abang, tepatnya pada 1980-an.

Ketika menjadi seorang preman, ia mengaku telah mengalami berbagai jenis luka dalam tubuhnya. Mulai dari luka tembak sampai bacokan pernah ia rasakan. 

Tapi, luka-luka tersebut tidak membuatnya mati, sehingga membuat Hercules semakin ditakuti karena dianggap kebal senjata.

3. Ditunjuk Anies jadi tenaga ahli

Profil Hercules, Mantan Preman Tanah Abang Kini Jadi Tenaga Ahli BUMDANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Lantaran ulah koboynya bak gangster itu, Hercules pun pernah merasakan keluar masuk penjara. Masa kejayaan Hercules di Tanah Abang berakhir pada 1996, yang mana rivalnya kelompok jago Betawi yang dipimpin oleh Muhammad Yusuf Muhi alias Ucu Kambing, merebut kekuasaan dari tangan kelompok Hercules.

Belakangan, tepatnya pada 2006, Hercules mengaku sudah bertobat dan tidak menjadi preman lagi. Dia membuat ormas yang disebutnya sebagai Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB).

Kini, ia ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tenaga ahli Direktur Utama (Dirut) Pasar Jaya. Babak kehidupan Hercules pun kembali lagi di area pasar, namun kali ini dengan ‘jabatan’ yang lebih elite. 

Baca Juga: Dituntut Tiga Tahun Penjara, Hercules: Saya Tak Takut Hadapi Hukum

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya