Profil Perusahaan Pemenang Tender Sirkuit Formula E 

JKON merupakan bagian dari Grup Jaya

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro mengumumkan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk sebagai pemenang tender pembangunan sirkuit Formula E. Seperti apa profil perusahaan berkode emiten JKON ini?

JKON adalah bagian dari Grup Jaya, perusahaan infrastruktur yang terintegrasi dengan kompetensi inti dalam sektor infrastruktur dan sektor konstruksi bangunan, perdagangan aspal dan bahan bakar gas cair (LPG), pabrikasi beton pracetak dan pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta jasa pemeliharaan.

Dilansir dari situs resmi perusahaan, pada awalnya, Perseroan merupakan Divisi Kontraktor di PT Pembangunan Jaya, yang kemudian menjadi badan hukum tersendiri pada 23 Desember 1982 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Desember 2007.

1. 2009 mulai konsolidasi sebagai kontraktor dan operator jalan tol

Profil Perusahaan Pemenang Tender Sirkuit Formula E Spesifikasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (dok. Jakpro)

Pada tahun 2007, Perseroan mengakuisisi empat anak perusahaan langsung: PT Jaya Trade Indonesia, PT Jaya Teknik Indonesia, PT Jaya Beton Indonesia dan PT Jaya Daido Concrete. 

Sejak itu, Perseroan telah melakukan ekspansi melalui kombinasi pertumbuhan organik dan akuisisi strategis, dan sekarang memiliki portofolio spesialisasi anak perusahaan tidak langsung.

Pada 2009, Perseroan kemudian melakukan konsolidasi keberadaannya sebagai kontraktor dan operator jalan tol dengan membangun dua perusahaan patungan, PT Jaya Konstruksi Pratama Tol (dengan PT Pembangunan Jaya Infrastruktur) dan PT Jaya Sarana Pratama (dengan PT Jaya Real Property Tbk) dan PTJakarta Tollroad Development pada tahun 2015. 

Di saat yang sama, Perseroan melalui PT Jaya Trade Indonesia terus mengembangkan bisnis terminal aspal curah, mendirikan PT Sarana Mbay Utama dan PT Sarana Aceh Utama pada tahun 2009, PT Sarana Sampit Mentaya Utama pada tahun 2010.

PT Jaya Trade Indonesia juga telah memperluas bisnis penjualan LPG dengan membangun PT Kenrope Sarana Pratama pada tahun 2010 dan PT Kenrope Utama Sentul pada tahun 2011. 

Baca Juga: Siapa Pemilik Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E?

2. JKON juga merambah bisnis di bidang pengelolaan air dan kapal

Profil Perusahaan Pemenang Tender Sirkuit Formula E IDN Times/Arief Rahmat

Perseroan membangun pijakan dalam bisnis pengelolaan air melalui PT Jaya Teknik Indonesia, yang mengawali adanya PT Sarana Tirta Utama dan PT Jaya Mitra Sarana pada 2010.

Pada Juli 2013, Perseroan melakukan penerbitan saham baru dengan mengeluarkan 326.170.397 surat saham, atau sama dengan 10 persen dari total modal ditempatkan dan modal disetor. 

Hasilnya digunakan untuk mendanai investasi di infrastruktur baru, terutama jalan tol dalam kota dan fasilitas pasokan air minum, serta untuk mendanai ekspansi kapasitas di Jaya Beton dan Jaya Trade. Pada September di tahun yang sama, Perseroan melakukan pemecahan saham 1:5 untuk meningkatkan likuiditas saham. 

PT Jaya Trade Indonesia juga telah memperluas bisnis penyewaan kapal dengan membangun Jaya Trade PTE Ltd pada tahun 2014.

Investasi terbaru yang dilakukan Perseroan di tahun 2018 adalah pada tanggal 21 Februari 2018, Perseroan telah melakukan penyertaan saham sebesar 30 persen pada PT VSL Indonesia.

3. Kepemilikan saham

Profil Perusahaan Pemenang Tender Sirkuit Formula E ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Saham mayoritas Perseroan dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya. PT Pembangunan Jaya adalah perusahaan patungan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pihak swasta.

Persentase kepemilikan PT Pembangunan Jaya terhadap JKON adalah 60,89 persen atau setara 9,9 miliar lembar saham. Sedangkan 39,1 persen atau 6,3 miliar lembar saham dimiliki oleh publik. Sisanya dimiliki oleh lima orang direksi dan satu komisaris.

Baca Juga: Tender Sirkuit Formula E Rampung, Ini Pemenangnya!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya