Siapa Pemilik Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E?

Jakpro baru saja umumkan pemenang tender yakni JKON

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sudah mengumumkan pemenang lelang sirkuit Formula E 2022. Dia adalah PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk dengan kode emiten JKON.

Berdasarkan informasi di Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia, JKON pertama kali melantai di bursa pada 4 Desember 2007. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha jasa konstruksi.

PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk, sebagai bagian dari Grup Jaya, merupakan perusahaan infrastruktur yang terintegrasi dengan kompetensi inti dalam sektor infrastruktur dan sector konstruksi bangunan, perdagangan aspal dan bahan bakar gas cair (LPG), pabrikasi beton pracetak dan pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta jasa pemeliharaan. 

Baca Juga: Tender Sirkuit Formula E Rampung, Ini Pemenangnya!

1. Kepemilikan saham JKON

Siapa Pemilik Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E?twitter.com/FIAFormulaE

Saham mayoritas Perseroan dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya. PT Pembangunan Jaya adalah perusahaan patungan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pihak swasta.

Persentase kepemilikan PT Pembangunan Jaya terhadap JKON adalah 60,89 persen atau setara 9.9 miliar lembar saham. Sedangkan 39,1 persen atau 6,3 miliar lembar saham dimiliki oleh publik. Sisanya dimiliki oleh lima orang direksi dan satu komisaris.

Pada awalnya, Perseroan merupakan Divisi Kontraktor di PT Pembangunan Jaya, yang kemudian menjadi badan hukum tersendiri pada 23 Desember 1982 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Desember 2007.

Kemudian, tahun 2007, Perseroan mengakuisisi empat anak perusahaan langsung: PT Jaya Trade Indonesia, PT Jaya Teknik Indonesia, PT Jaya Beton Indonesia dan PT Jaya Daido Concrete.

Baca Juga: Jakpro Studi Banding ke Arab Saudi Buat Pelajari Pelaksanaan Formula E

2. JKON pemenang tender pembangunan sirkuit Formula E

Siapa Pemilik Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E?Dokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Sebelumnya, Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022, Gunung Kartiko mengatakan, proses pelaksanaan tender hingga terpilih pemenang ini telah melalui beberapa tahapan seleksi.

“Pengadaan yang dilaksanakan secara terbuka dan transparan, dapat diakses melalui website e-procurement perseroan yang telah memenuhi prinsip Pengadaan Barang/Jasa,” kata Gunung Kartiko, dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/2/2022).

PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk berhasil memenangkan tender berdasarkan kelulusan berbagai kriteria penilaian yang telah ditetapkan persyaratannya.

Baca Juga: Anies Sebut Formula E Amanat Perda, Ketua DPRD: Tebang Pilih!

3. Alasan JKON menang tender

Siapa Pemilik Saham Pemenang Tender Sirkuit Formula E?Dokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Adapun, terpilihnya Perseroan itu berdasarkan hasil klarifikasi bersama-sama dengan tim konsultan pelaksana, tim adhoc procurement perseroan, serta tim Formula E, agar sesuai dengan standar kualitas terbaik dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit balapan E-Prix 2022. 

Pada prosesnya, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk mendapatkan kecukupan dan pemenuhan penilaian terbaik di antara penyedia lainnya melalui proses evaluasi dan klarifikasi. 

Di samping itu, Perseroan juga dinilai memiliki pengalaman dalam membangun infrastruktur, termasuk jalan layang dan jalan toll, kemampuan proyek, serta akuntabilitas dalam bekerja telah banyak dibuktikan oleh pemenang terpilih ini.

“Mereka memiliki banyak peralatan yang mumpuni dan tenaga ahli yang telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi,” ujar Gunung. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya