PSI Ungkap Ada Kaos Anies Presiden di Mudik Gratis Pemprov DKI

Dibantah Wagub Riza

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana menyayangkan beredarnya kaos "Anies Baswedan Untuk Presiden" yang dipakai sejumlah orang peserta mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

William mengatakan tidak sepatutnya hal tersebut terjadi karena acara ini merupakan kegiatan yang dibiayai APBD.

"Acara ini jelas APBD, uang masyarakat. Tidak elok sekali jika ada dugaan kepentingan ambisi politik Pak Gubernur Anies. Jangan sampai mudik gratis ini yang didanai uang negara dipolitisasi untuk keuntungan sendiri,” ujar William melalui keterangan resmi, Sabtu (29/4/2022). 

1. PSI menyebut ini bukan kali pertama

PSI Ungkap Ada Kaos Anies Presiden di Mudik Gratis Pemprov DKIIlustrasi bendera PSI (psi.id)

Pasalnya, kata William, hal ini bukan pertama kalinya terjadi. Dalam pelaksanaan soft launching Jakarta International Stadium (JIS) beberapa waktu lalu ditemukan juga penjualan kaos promosi Anies Baswedan untuk presiden.

"Kemarin itu ditemukan juga penjualan kaos kampanye Pak Anies di JIS. Ini lama-lama bisa jadi kebiasaan jika tidak ditegur, dari skala kecil jadi besar dan bisa melanggar hukum," kata William.

Baca Juga: Anies Baswedan Lepas 11.680 Mudik Gratis di Terminal Pulogadung

2. Anies diminta maksimalkan sisa masa jabatannya

PSI Ungkap Ada Kaos Anies Presiden di Mudik Gratis Pemprov DKIIDN Times/Dini Suciatiningrum

William menyarankan agar Gubernur Anies memaksimalkan kinerja ke hal-hal penting untuk menuntaskan janji kampanyenya di beberapa bulan terakhir masa jabatannya.

"Pak Anies baiknya fokus menuntaskan janji kampanye di sisa masa jabatan ini. Apalagi, beberapa kali Pak Anies tidak hadir dalam rapat paripurna DPRD yang seharusnya lebih jadi prioritas, tahan dulu ambisi untuk kepentingan politik pribadi, fokus kerja dulu saja sampai Oktober," kata William.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, memberikan penjelasan, bahwa kegiatan itu tidak ada muatan unsur politiknya.

3. Wagub Riza tegaskan mudik gratis di DKI tak berhubungan dengan politik praktis

PSI Ungkap Ada Kaos Anies Presiden di Mudik Gratis Pemprov DKIWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Kegiatan mudik gratis 2022 oleh Pemprov DKI adalah upaya membantu warga pulang kampung dan juga sekaligus mengurai kepadatan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Kegiatan itu tidak ada hubungan dengan kegiatan politik praktis apapun maupun Pilpres, Pilkada, dan Pileg. Tidak ada hubungannya," tegas Ariza.

Riza juga menegaskan, Pemprov DKI tidak pernah berpolitik praktis ataupun mengkoordinir terkait adanya kaos Anies Presiden.

"Tidak dimaksudkan diatur, itu kan cuma satu orang kebetulan saja. Pemprov tidak berpolitik praktis ya. Pemprov manapun sejak dulu sampai sekarang tidak pernah berpolitik praktis," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi dan Anies ke Sirkuit Formula E, KPK: Penyelidikan Terus Jalan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya