Stasiun Matraman Beroperasi Besok, Ini Fungsi dan Letaknya

Berada di antara Stasiun Jatinegara dan Manggarai

Jakarta, IDN Times - Stasiun Matraman telah rampung dibangun. Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama DJKA dan PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan uji coba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman, mulai Jumat (17/6/2022) besok.

"Pekerjaan pembangunan Stasiun Shelter Matraman ini sendiri merupakan lanjutan dari proyek strategis pemerintah dalam pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian yaitu Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai – Cikarang, yang dimulai sejak tahun 2016," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Begini Penampakan Stasiun Matraman yang Segera Beroperasi, Pangling!

1. Diprediksi layani 2.203 penumpang per hari

Stasiun Matraman Beroperasi Besok, Ini Fungsi dan LetaknyaStasiun Matraman akan segera melayani pengguna KRL. (dok. KAI Commuter)

Pembangunan Stasiun Shelter Matraman ini juga bagian dari pekerjaan antara Stasiun Manggarai hingga Stasiun Jatinegara, sebagai proyek strategis pemerintah.

"Stasiun Shelter Matraman diprediksi akan melayani rata-rata pengguna sebanyak 2.203 orang per hari, dengan prediksi jumlah pengguna yang naik 1.100 orang sedangkan pengguna yang turun sebanyak 1.103 orang," terang dia.

Stasiun Shelter Matraman ini diharapkan dapat melayani pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah Jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu.

2. Alasan disebut sebagai stasiun shelter

Stasiun Matraman Beroperasi Besok, Ini Fungsi dan LetaknyaIlustrasi Stasiun Kereta (IDN Times/Mardya Shakti)

Letak Stasiun Shelter ini dinilai sangat strategis, sisi timur Stasiun Shelter langsung terhubung dengan Jalan Raya Matraman, Jakarta Timur dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta Koridor 5, sehingga akan memudahkan pengguna KRL untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi lain.

"Stasiun Shelter Matraman merupakan stasiun yang hanya melayani operasional naik dan turun pengguna KRL. Stasiun Shelter ini bukan sebagai stasiun pengaturan perjalanan kereta api seperti Stasiun Jatinegara atau Stasiun Manggarai. Karena fungsinya inilah, maka stasiun tersebut termasuk Stasiun Shelter," ujarnya.

Adapun, stasiun ini memiliki bangunan dua lantai, area lantai dasar Stasiun Shelter sebagai area pelayanan pengguna dan lantai 1 sebagai area peron tunggu KRL.

3. Peta lokasi Stasiun Shelter Matraman

Stasiun Matraman Beroperasi Besok, Ini Fungsi dan LetaknyaStasiun Matraman akan segera melayani pengguna KRL. (dok. KAI Commuter)

Luas lantai dasar Stasiun Shelter Matraman adalah 354,25 meter persegi (M²) yang terdiri dari loket, pintu elektronik masuk dan keluar area stasiun, toilet pria/wanita dan toilet difabel, musala, ruang kesehatan, ruang staf stasiun, dan ruang pelayanan barang tertinggal, serta area pelayanan pengguna lainnya.

Sedangkan lantai satu Stasiun Shelter Matraman dengan luas 588 M², difungsikan sebagai peron tempat tunggu naik KRL pada jalur 1 dan jalur 2.

"Stasiun Shelter ini dilengkapi dengan fasilitas tangga manual, escalator dan lift untuk penungguna prioritas, serta tempat parkir untuk kendaraan bermotor. Untuk keamanan dan keselamatan, Stasiun Shelter Matraman juga dilengkapi dengan CCTV, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), sistem alarm kebakaran serta penangkal petir," terangnya.

Baca Juga: Transjakarta dan KAI Integrasikan Moda di 4 Stasiun, Ini Lokasinya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya