Transjakarta dan KAI Integrasikan Moda di 4 Stasiun, Ini Lokasinya

Di antaranya di Stasiun Tebet, Manggarai, Senen dan T. Abang

Jakarta, IDN Times - PT Transjakarta resmi bekerjasama dengan PT KAI untuk mengintegrasikan moda transportasi di beberapa stasiun. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

“PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan kolaborasi strategis yang meliputi sistem integrasi antarmoda, pengembangan usaha transportasi terpadu dan pengembangan kawasan berorientasi transit,” kata Direktur Utama PT Transjakarta M. Yana Aditya, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Transjakarta Sediakan 4 Rute ke Jakarta Fair JIExpo Kemayoran

1. Peluang kerja sama dibuka di kemudian hari

Transjakarta dan KAI Integrasikan Moda di 4 Stasiun, Ini LokasinyaHalte Transjakarta Bundaran HI setelah diperbaiki pasca demo (Dok. Humas Transjakarta)

Adapun, M. Yana Aditya selaku Direktur Utama PT Transjakarta menuturkan, kedua belah pihak juga menjajaki kemungkinan adanya pengembangan usaha transportasi terpadu serta pengembangan kawasan berorientasi transit. 

“Tiga hal yang menjadi fokus MoU ini akan ditindaklanjuti dengan melakukan kajian bersama untuk mendapatkan langkah detail yang bisa dioperasionalkan,” kata Yana.

Baca Juga: DPRD DKI Setujui Tarif Integrasi TransJakarta, LRT dan MRT Rp 10 Ribu

2. Integrasi antarmoda sudah ada di 4 stasiun

Transjakarta dan KAI Integrasikan Moda di 4 Stasiun, Ini LokasinyaIlustrasi Stasiun Kereta (IDN Times/Mardya Shakti)

Integrasi antarmoda yang telah berjalan saat ini meliputi integrasi layanan yang ada di Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Senen. 

“Diharapkan lebih banyak lagi layanan yang bisa terintegrasi sehingga memudahkan pelanggan yang ingin berpindah antar moda dengan mudah, aman dan nyaman,” terangnya.

3. Keberadaan Transjakarta membantu penumpang KRL

Transjakarta dan KAI Integrasikan Moda di 4 Stasiun, Ini LokasinyaIlustrasi KRL. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan, keberadaan Transjakarta saat ini cukup membantu penumpang KRL. Selain kerja sama yang ditandatangani hari ini, pihaknya juga membuka peluang kerja sama dalam pengembangan usaha transportasi terpadu.

“Kami akan menjajaki semua kemungkinan yang berpotensi memberikan peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna transportasi publik tidak hanya di sekitar Jakarta saja tapi dirasakan juga oleh masyarakat di daerah penyangga lainnya,” ujar Didiek.

Baca Juga: Rieke Sebut Perlu Adanya Integrasi Data untuk Kemajuan Indonesia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya