TransJakarta Uji Coba 3 Bus Listrik Rute Kampung Melayu-Tanah Abang

Tiga bus ini berasal dari 3 merk berbeda

Jakarta, IDN Times - Transjakarta melakukan uji coba bus listrik dari 3 merek Zhongtong, Skywell, dan Golden Dragon.

Ketiga bus tersebut diujicobakan di jalur Non Bus Rapid Transit (BRT) dengan rute Kampung Melayu-Tanah Abang (5F).

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta, Anang Rizkani Noor, mengatakan pada tahap ini, bus akan diujicoba dengan menggunakan beban selama tiga bulan ke depan.

"Uji coba bus listrik di rute baru ini, diharapkan dapat memperkenalkan medan baru sebelum resmi beroperasi mengangkut pelanggan nantinya,” ucapnya, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Ini Jadwal dan Rute Baru TransJakarta Akibat Ganjil Genap 25 Titik

1. Uji coba juga untuk sertifikasi

TransJakarta Uji Coba 3 Bus Listrik Rute Kampung Melayu-Tanah AbangBus Listrik Transjakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain ketahanan baterai, uji coba juga akan dilakukan sertifikasi kesesuaian terhadap kebutuhan Transjakarta.

"Dalam jangka panjang, fokus Transjakarta tidak hanya memberikan akses transportasi yang hanya aman dan nyaman saja tetapi juga ramah lingkungan, sesuai dengan cita-cita Pemprov DKI mencapai Net Zero Emission,” kata dia.

Sebelumnya, PT Transjakarta mulai mengoperasikan bus bebas emisi berbasis listrik di empat rute. Peresmiannya dilakukan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Selasa (8/3/2022).

Anies menargetkan 100 bus listrik akan beroperasi hingga akhir tahun ini.

2. Bus listrik dijadikan solusi kurangi polusi

TransJakarta Uji Coba 3 Bus Listrik Rute Kampung Melayu-Tanah AbangBus Listrik Transjakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pengadaan bus listrik ini, bisa dijadikan solusi untuk mengurangi polusi yang disumbang dari kendaraan pribadi. Anies mengatakan kendaraan menjadi penyumbang polusi yang besar. 

“Jadi persoalan pengurangan emisi karbon bisa kita lakukan, di saat yang sama pengurangan jumlah kendaraan pribadi bisa dikerjakan. Itu sebabnya kita mendorongnya kendaraan umum berbasis listrik,” jelas Anies.

Anies mengatakan, bus listrik Transjakarta memiliki keunggulan di antaranya polusi suara yang berpotensi turun hingga 28 persen dibandingkan pada bus diesel.

Selain itu, emisi CO2 pada gas buang bus listrik dapat berkurang hingga 50,3 persen, dan level efisiensi energi pada bus listrik memiliki potensi lima kali lebih tinggi dibandingkan pada bus diesel.

Baca Juga: DPRD DKI Setujui Tarif Integrasi TransJakarta, LRT dan MRT Rp 10 Ribu

3. Rute bus listrik yang sudah beroperasi sebelumnya

TransJakarta Uji Coba 3 Bus Listrik Rute Kampung Melayu-Tanah AbangBus Listrik Transjakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Adapun, bus Listrik TransJakarta yang sudah beroperasi pada tahap awal telah beroperasi sebanyak 30 bus. Fokusnya pada rute non-BRT. 

Rute tahap awal yang digunakan adalah rute 1P: Terminal Senen-Bundaran Senayan.

Rute non-BRT lain sebagai rute operasi bus listrik selanjutnya adalah sebagai berikut:

• 1P: Senen-Bundaran Senayan

• 1R: Tanah Abang-Terminal Senen

• 1N: Blok M-Tanah Abang

• 6N: ragunan-Blok M.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya