Wow! Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tumbuh 742 Persen 

Nominal transaksinya mencapai Rp9,1 triliun

Jakarta, IDN Times - Transformasi Bank DKI dalam menyediakan layanan pembayaran digital berbuah manis. Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI hingga Juni 2022 tumbuh 742 persen (yoy) menjadi Rp22,4 miliar dibandingkan Juni 2021 yang mencapai Rp2,6 miliar.  

Selain transaksi QRIS, sampai dengan Juni 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi.

“Sampai dengan Juni 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi,” kata Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, dalam keterangan resmi, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: 4 Perbedaan Bank Asing dan Bank Nasional, Wajib Tahu!

1. Bank DKI digitalisasi sektor UMKM dan layanan lainnya

Wow! Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tumbuh 742 Persen Ilustrasi penggunaan QRIS (IDN Times/Dokumen Qris.id)

Dia menuturkan, dalam upaya digitalisasi di sektor pariwisata dan UMKM, Bank DKI telah melakukan berbagai upaya di antaranya integrasi transportasi, elektronifikasi pembayaran, serta melalui berbagai kolaborasi dengan BPD maupun BUMD.

“Sebagai salah satu sektor yang menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi, sektor pariwisata di Indonesia tentu tidak lepas dari digitalisasi layanan perbankan, hal ini lah yang terus dilakukan oleh Bank DKI dengan menghadirkan solusi pembayaran digital bagi sektor pariwisata dan UMKM,” kata Amirul.

Baca Juga: BI Siap Perluas QRIS ke Pesantren Pakai Face Recognition 

2. Turis Bali bisa lakukan pembayaran menggunakan QRIS JakOne Pay

Wow! Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tumbuh 742 Persen Ilustrasi UMKM menyediakan barcode QRIS saat mengikuti pameran (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Amirul mengatakan apabila pariwisata di Indonesia terus meningkat, maka juga akan mendorong peningkatan dari sektor UMKM. Hal ini juga diperkuat dengan gambaran Bali dan Jakarta sebagai daerah di Indonesia dengan sektor pariwisata yang terus meningkat.

“Dalam upaya mendukung Pariwisata dan UMKM, Bank DKI mempermudah wisatawan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi JakOne Pay, yang juga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan asing. JakOne Pay sendiri merupakan simple apps bagi generasi muda milenial dan Gen Z yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi sehari-hari,” jelasnya.

Baca Juga: Top! Anak Usaha BUMN Punya Aplikasi yang Permudah Turis Akses QRIS

3. Wisman tak perlu mengganti nomor ke provider dalam negeri

Wow! Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tumbuh 742 Persen Ilustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Aplikasi ini mendukung transaksi untuk melakukan scan to pay QRIS, serta aktivitas uang elektronik server based lainnya tanpa perlu mengganti nomor menjadi nomor nasional.

“Wisatawan asing sudah dapat bertransaksi menggunakan QRIS. Selain itu, top up aplikasi JakOne Pay dapat dilakukan menggunakan kartu kredit yang dimiliki oleh wisatawan asing tersebut,” ujar dia.

Senada dengan Amirul, Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Elsya MS Chani mengatakan, kehadiran QRIS sebagai bagian dari digitalisasi perbankan dinilai dapat memudahkan konsumen terutama para turis yang juga menjadi upaya mendukung UMKM di sejumlah destinasi pariwisata.

“Kehadiran QRIS sebagai bagian dari digitalisasi perbankan dapat memudahkan konsumen terutama para turis yang juga menjadi upaya mendukung UMKM di sejumlah destinasi pariwisata,” ungkapnya. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya