Throwback 5 Film Action Korea Terbaik yang Hits di Awal Tahun 2000-an

Ada yang masih inget nggak?

Korea Selatan sudah lama di kenal dengan kualitas industri perfilman di atas rata-rata. Ada banyak sekali film-film keren yang sudah di buat sejak dulu. 

Ada banyak sekali genre yang di usung seperti genre romance, action, comedy, sci-fi, dan banyak lagi. Namun tak bisa dipungkiri genre yang paling banyak di minati adalah genre romance. Meskipun begitu genre-genre lain juga tetap mendapatkan tempat di hati para penonton.

Kali ini kita akan bahas 5 film action Korea terbaik yang hits di awal tahun 2000-an, ini dia daftarnya. 

1. Old Boy (2003)

https://www.youtube.com/embed/2HkjrJ6IK5E

Film yang satu ini bisa di bilang salah satu film terbaik yang pernah di buat industri perfilman Korea dan meraih banyak sekali perhargaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Film ini bercerita tentang Seorang pria bernama Oh dae-su (Oh Tae-kyung) yang dikurung tanpa sebab selama 15 tahun kemudian di bebaskan untuk mencari tau apa sebenarnya yang terjadi.

Film ini mengusung genre Thriller dengan banyak teka-teki di dalamnya, bagaimana tidak sepanjang film penonton akan di ajak untuk berfikir keras siapa pelakunya sembari di suguhi dengan adegan action menawan.

Film karya sutradara Park Chan-wook ini bahkan di buat versi Hollywood nya dan digarap oleh sutradara Spike Lee dengan judul sama pada tahun 2013.

 

2. Silmido (2003)

https://www.youtube.com/embed/3PWIFA-ulP0

Film kedua adalah film berjudul Silmido yang dirilis pada 2003 silam. 

Film ini bercerita tentang kisah nyata unit 684 yang berisi di 31 narapidana hukuman mati dan di tugaskan untuk membunuh presiden Korea Utara Kim Il-sung. Namun tanpa alasan yang jelas misi mereka di batalkan dan para narapidana itu harus di bunuh karena terlalu banyak mengetahui rahasia militer, Setelah mereka tau yang sebenarnya, mereka mulai melawan dan mencoba untuk bertahan hidup di pulau silmido.

Selain mendapatkan banyak perhargaan, film ini juga tercatat sebagai film Korea pertama yang meraih total lebih dari 10 juta penonton saat penayangannya di bioskop.

 

 

 

3. Friend (2001)

https://www.youtube.com/embed/8O-f9jiYfho

Film selanjutnya adalah film friend.

Film ini bercerita tentang empat orang sahabat yang sudah berteman sejak kecil, namun karena berbagai hal mereka harus berpisah dan memilih jalan hidup masing-masing, dua diantara keempat sahabat itu memilih jalan hidup sebagai anggota gangster yang saling bermusuhan dan pada akhirnya menyebabkan persahabatan mereka terancam hancur.

Film ini sendiri sempat menjadi film paling laris di Korea Selatan sebelum dikalahkan oleh film Silmido. Selain meraih beberapa penghargaan bergengsi, film ini juga di buat sequel nya pada tahun 2013 dengan judul Friend: The Great Legacy.

Baca Juga: Tak Kalah dari Versi Aslinya, Ini 5 Film Korea Remake Terbaik

4. Taegukgi: The Brotherhood Of War (2004)

https://www.youtube.com/embed/WTzNlmfaSvw

Film keempat adalah film berjudul Taegukgi karya sutradara Kang Je-gyu.

Film ini bersetting pada perang Korea tahun 1950 dimana sebuah keluarga kecil hidup bahagia dengan kesederhanaan. Namun saat perang Korea pecah dua orang kakak beradik dari keluarga itu dipaksa wajib militer oleh pemerintah Korea Selatan, Dengan berbagai perjuangan dan mengharukan mereka yang terpisah berusaha untuk bertemu dan bersatu kembali.

Film ini membuat saya pribadi terhenyak dan berfikir bahwa perang itu benar-benar tidak ada gunanya dan hanya bisa menghancurkan apapun. Film ini bisa di bilang salah satu film perang terbaik yang pernah saya pribadi tonton karena banyak sekali pelajaran di dalamnya.

Film ini juga menghasilkan keuntungan yang cukup besar dengan mencatatkan keuntungan senilai 69,8 Juta dolar.

5. Joint Security Area (2000)

https://www.youtube.com/embed/k-pH4q72_e4

Film terakhir adalah film berjudul Joint Securty Area (2000) karya sutradara Park Chan-wook.

Film ini bersetting di zona demiliterisasi Korea Selatan dan Korea Utara. Pada suatu malam di zona tersebut terjadi penembakan yang melibatkan tentara kedua negara tersebut.

Penyelidikan pun di lakukan untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada malam itu.

Sepanjang film penonton akan di suguhi penyelidikan alot yang pastinya akan membuat penonton gemas sendiri, namun di sinilah kerennya film ini.

Selain keuntungan finansial, film ini juga tercatat meraih banyak perhargaan bergengsi.

Itulah 5 film action Korea yang hits di awal tahun 2000-an. Kamu tertarik nonton yang mana nih? Mau nonton yang manapun saya bisa menjamin bahwa kelima film diatas adalah film yang sangat berkualitas.

Baca Juga: Laris Manis, 7 Film Korea Ini Terlalu Sayang untuk Kamu Lewatkan! 

Ulul Fikri Hasibuan Photo Verified Writer Ulul Fikri Hasibuan

Anything is possible if you believe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya