Comscore Tracker

Harga Rokok Naik, COVID Indonesia Salip India hingga PPKM Tak Efektif

#IndonesiaHariIni ada update korupsi bantuan sosial

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memberlakukan tarif baru cukai rokok per 1 Februari 2021. Kenaikan ini ikut mengerek harga rokok di pasaran. 

Tak hanya soal tarif cukai, pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang dinilai Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak efektif juga menyedot perhatian pembaca IDN Times, Senin (1/2/2021). Siapa pencetus PPKM?

1. Cukai rokok naik hari ini, cek daftar harga terbaru

Harga Rokok Naik, COVID Indonesia Salip India hingga PPKM Tak EfektifIlustrasi cukai rokok. IDN Times/Indiana Malia

Pemerintah memberlakukan kenaikan tarif cukai rokok atau Cukai Hasil Tembakau (CHT)  mulai awal Februari ini.

Pada, 10 Desember 2020, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menegaskan besaran kenaikan tarif cukai rokok sebesar 12,5 persen. Berhubung cukai rokok sudah naik, mari kita buat simulasi kenaikannya. Cek selengkapnya di sini.

Baca Juga: Selebgram Abdul Kadir Ditangkap Polda Metro Jaya karena Narkotika

2. Kudeta militer di Myanmar, bagaimana nasib WNI di sana

Harga Rokok Naik, COVID Indonesia Salip India hingga PPKM Tak EfektifANTARA FOTO/REUTERS/Kham

Di tengah kudeta militer yang terjadi di Myanmar, ratusan WNI yang saat ini berada di sana dilaporkan dalam kondisi baik dan aman. Kementerian Luar Negeri memastikan mereka masih bisa beraktivitas dengan leluasa. 

"(WNI) tidak diminta untuk berada di rumah. Mereka tetap bisa beraktivitas secara normal," ungkap Duta Besar RI untuk Myanmar, Izha Fabri ketika dihubungi oleh IDN Times. Baca kabar mereka di tautan ini.

3. Korupsi dana bansos, uang suap disimpan di gitar

Harga Rokok Naik, COVID Indonesia Salip India hingga PPKM Tak EfektifIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rekonstruksi kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) kepada mantan Menteri Sosial Juliari.

KPK menghadirkan para tersangka beserta sejumlah saksi. Setidaknya terdapat 10 tahap pemberian uang dengan jumlah bervariasi yang terungkap dalam rekonstruksi. Baca selengkapnya di link ini.

4. Salip India, kasus aktif COVID-19 di Indonesia tertinggi di Asia

Harga Rokok Naik, COVID Indonesia Salip India hingga PPKM Tak EfektifIlustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Jumlah kasus aktif COVID-19 di Indonesia pada Minggu, 31 Januari 2021 resmi melampaui India. Berdasarkan data yang dikutip dari laman World O Meter, kasus aktif COVID-19 di tanah air mencapai 175.095. Sedangkan, India memiliki kasus aktif 170.203. 

Jumlah ini menjadi yang tertinggi di kawasan Benua Asia dan ke-15 di dunia. Sementara, total kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 1.078.314. Cek data negara-negara lainnya di link berikut ini.

5. Siapa pencetus PPKM Jawa-Bali yang kata Jokowi tidak efektif?

Harga Rokok Naik, COVID Indonesia Salip India hingga PPKM Tak EfektifInfografis PPKM Jawa-Bali pada 11-25 Januari 2021 (IDN Times/Rikha Khunaifah Mastutik)

Presiden Jokowi mengkritik kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. Menurut Jokowi, kebijakan yang sudah diterapkan hampir tiga minggu ini ternyata tidak efektif menurunkan kasus COVID-19.

“Saya ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan PPKM, tanggal 11-25 Januari, kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif," kata Jokowi.

Lalu, siapa sebenarnya yang mengusulkan kebijakan PPKM? Selengkapnya ada di tautan ini.

Baca Juga: AHY: Ada Gerakan Politik yang Ingin Ambil Alih Kekuasaan Demokrat

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya