Vaksin Sinovac Suci dan Halal hingga Risma Jawab Settingan Blusukan

Indonesia Hari Ini, penembakan laskar FPI pelanggaran HAM

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia menyatakan vaksin Sinovac suci dan halal sehingga bisa digunakan sebagai dalam vaksinasi COVID-19. Pernyataan MUI ini menjadi angin segar bagi yang masih meragukan kehalalan vaksin tersebut.

Selain soal vaksin, sejumlah artikel juga menarik minat pembaca IDN Times sepanjang Jumat (8/1/2020), seperti pernyataan Komnas HAM soal pelanggaran HAM dalam kasus penembakan enam orang laskar FPI, juga soal blusukan ala Mensos Tri Rismaharini yang dituding settingan.

1. Komnas HAM: Penembakan empat laskar FPI pelanggaran HAM

Vaksin Sinovac Suci dan Halal hingga Risma Jawab Settingan BlusukanLaskar FPI (Dok. Lembaga Informasi Front)

Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, penembakan terhadap empat dari enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek merupakan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Hal itu karena keempat anggota FPI tersebut tewas saat berada di bawah kekuasaan polisi. “Dua karena ada ketegangan, benturan antar mobil, sampai menembak. Kalau yang empat di dalam penguasaan petugas resmi negara, ini pelanggaran HAM,” jelas Choirul. Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: [BREAKING] Komnas HAM: FPI Punya Kesempatan Jauhi Polisi saat Bentrok

2. MUI tetapkan vaksin Sinovac suci dan halal

Vaksin Sinovac Suci dan Halal hingga Risma Jawab Settingan BlusukanIlustrasi gedung MUI Pusat di Jakarta (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh mengumumkan vaksin COVID-19 asal perusahaan Tiongkok, Sinovac, halal digunakan untuk masyarakat Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan hasil kesepakatan dalam Sidang Pleno Komisi Fatwa MUI yang digelar pada Jumat (8/1/2021). “Penjelasan dari auditor menyepakati bahwa vaksin COVID-19 Sinovac buatan China hukumnya suci dan halal,” kata Asrorun. Ada di tautan ini lebih lengkapnya.

3. Daftar lengkap UMP 2021, DKI Jakarta tertinggi

Vaksin Sinovac Suci dan Halal hingga Risma Jawab Settingan BlusukanIlustrasi pekerja pabrik. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), melalui akun twitter @KemnakerRI resmi merilis daftar upah minimum provinsi (UMP) 2021 pada Kamis (8/1/2020). UMP tersebut mulai berlaku pada 2021 dan ditujukan kepada Gubernur se-Indonesia.

Menilik daftar tersebut,  DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah UMP tertinggi, yakni Rp4,4 juta. Sementara, DI Yogyakarta jadi daerah dengan UMP terendah dengan jumlah Rp1,7 juta. Cek selengkapnya di tautan ini.

4. Jika penyebaran COVID-19 masih tinggi, Mendagri bilang bisa WFH 100 persen

Vaksin Sinovac Suci dan Halal hingga Risma Jawab Settingan BlusukanIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap, pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dapat menurunkan kurva penularan dan penyebaran COVID-19 di Indonesia. 

Tito mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi harian, apabila penyebaran masih masif dan angka kasus COVID-19 terus naik, maka ada kemungkinan kebijakan 100 persen kerja dari rumah (work from home/WFH). Wah! Yuks baca selegkapnya di sini.

5. Risma angkat bicara blusukannya dituduh settingan

Vaksin Sinovac Suci dan Halal hingga Risma Jawab Settingan BlusukanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini. IDN Times/Abraham Herdyanto

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma, seketika tertawa saat mendengar tudingan bahwa blusukannya menemui tunawisma di Jalan Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta beberapa waktu lalu merupakan settingan.

"Ya saya gimana bisa nyetting itu, saya itu gak kenal, saya mau ke Jakarta itu gak tahu mau ke mana, maksudnya saya gak hafal jalannya, ya gimana mau nyetting," ujar Risma. Lihat selengkapnya di link ini.

Baca Juga: Kompolnas: Calon Kapolri Lebih dari Satu Nama

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya