Airlangga: Tinggal 1 Daerah di Luar Jawa-Bali yang PPKM Level 4

Secara provinsi, Airlangga menyebut tak ada yang Level 4

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan daerah yang masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 tinggal satu kabupaten/kota. Namun, ia tak menyebutkan kabupaten/kota mana yang masih menyandang status tersebut.

"Dari asesmen mingguan di kabupaten/kota di luar Jawa-Bali, dari 386 kabupaten/kota, satu kabupaten/kota masih di level 4, 38 kabupaten/kota di level 3, dan 278 kabupaten/kota di level 2, dan 69 kabupaten/kota di level 1," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Atlet PON Papua Wajib Karantina 5 Hari Usai Tanding, Biaya dari Pemda 

1. Secara provinsi, tidak ada yang berstatus PPKM level 4

Airlangga: Tinggal 1 Daerah di Luar Jawa-Bali yang PPKM Level 4Ilustrasi Virus Corona. (IDN Times/Aditya Pratama)

Namun, secara provinsi, Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengatakan tak ada lagi provinsi di luar Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 4.

"Terjadi perbaikan secara minggu per minggu dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali. Di level 4 sudah tidak lagi, tiga provinsi di level 3, 22 provinsi di level 2, serta dua provinsi di level 1 yaitu Kepri dan NTB," kata Airlangga.

2. Pemerintah soroti kasus COVID-19 di Kota Sabang

Airlangga: Tinggal 1 Daerah di Luar Jawa-Bali yang PPKM Level 4Tugu Kilometer 0 Indonesia di Kota Sabang, Aceh (IDN Times/Saifullah)

Airlangga yang mengkoordinasi PPKM di luar Jawa-Bali mengatakan di Kota Sabang mengalami kenaikan status PPKM. Sedangkan, terjadi jumlah kabupaten/kota yang mengalami penurunan level PPKM meningkat.

"Yang masih naik hanya satu kota yaitu Kota Sabang karena data jumlah kematian masih ada peningkatan. Kemudian level 1 meningkat dari 52 kabupaten/kota menjadi 69 kabupaten/kota. Kemudian di enam kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di luar Jawa-Bali dibandingkan periode minggu lalu di 5 Oktober, terdapat dua kota yang turun levelnya atau mengalami perbaikan, yaitu di Kota Padang dan Banjarmasin," tutur dia.

Baca Juga: Luhut: Kasus COVID-19 di Indonesia Turun 98,4 Persen Minggu Ini

3. Target testing tak tercapai di sejumlah kota

Airlangga: Tinggal 1 Daerah di Luar Jawa-Bali yang PPKM Level 4Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Airlangga juga mengatakan terdapat sejumlah kabupaten/kota yang tak mencapai target pemeriksaan atau testing harian COVID-19. Di antaranya Pidie (Aceh), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Bulungan (Kalimantan Utara).

"Target pemeriksaan tercapai di kabupaten/kota. Yang tidak tercapai adalah Pidie, Banjarmasin dan Bulungan," ucapnya.

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya