Dana BOS buat Madrasah Cair Rp1,16 Triliun 

Dana BOS disalurkan ke 48 ribu madrasah

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) sudah mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah sebesar Rp1,16 triliun.

Penyaluran dana BOS itu sudah memasuki tahap kedua. Direktur Kurukulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, M Isom Yusqi mengatakan pihaknya telah menyalurkan dana BOS Madrasah ke rekening bank penyalur (RPL).

“Total ada Rp1,166 triliun rupiah yang dicairkan untuk 48.660 madrasah,” kata Isom dikutip dari keterangan resmi, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Begini Cara Pengajuan Dana Bos Kemenag 2022 untuk Madrasah

1. Rincian penyaluran dana BOS untuk MI, MTs dan MA

Dana BOS buat Madrasah Cair Rp1,16 Triliun Ilustrasi kegiatan belajar anak madrasah. (Dok. IDN Times)

Dana BOS Rp1,16 triliun itu terdiri atas Rp540,424 miliar untuk BOS pada 23.923 Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp424,830 miliar untuk BOS pada 16.532 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Rp201,586 miliar untuk BOS pada 8.205 Madrasah Aliyah (MA).

“Surat Perintah Pencairan Dana untuk penyaluran Dana BOS Madrasah sudah terbit,” ujar Isom.

Baca Juga: Nadiem Makarim: Dana BOS Boleh untuk Beli Kuota bagi Guru dan Siswa

2. Bank diminta lanjutkan penyaluran ke rekening madrasah penerima dana BOS

Dana BOS buat Madrasah Cair Rp1,16 Triliun Ilustrasi siswa madrasah diniyah. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kemenag bekerja sama dengan tiga bank dalam proses pencairan dana BOS untuk madrasah, yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Tahap selanjutnya ialah pihak bank diminta segera segera menyalurkan dana tersebut ke rekening madrasah swasta penerima BOS.

“Setelah dana masuk ke rekening madrasah, pihak madrasah sudah bisa melakukan proses pencairan dengan membawa tanda bukti upload persyaratan pencairan BOS 2022 ke bank yang telah ditentukan,” kata Isom.

Baca Juga: Korupsi Dana BOS, Mantan Bendahara SMAN 6 Binjai Akhirnya Ditahan

3. Penggunaan dana BOS harus akuntabel

Dana BOS buat Madrasah Cair Rp1,16 Triliun Gedung Kementerian Agama (Kemenag) (IDN Times/Shemi)

Isom berharap dana BOS ini dapat digunakan dengan baik dan optimal oleh pihak madrasah penerima, serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Saya minta pihak madrasah penerima benar-benar memaksimalkan dana BOS ini tahun secara cepat dan akuntabel," tutur dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya