DKI Hujan Seharian, 38 Ruas Jalan Tergenang Banjir

Genangan tertinggi ada di Rawa Terate Jaktim

Jakarta, IDN Times - Hujan mengguyur kawasan DKI Jakarta seharian ini, Kamis (29/2/2024). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan ada 38 ruas jalan dan delapan RT yang tergenang dengan ketinggian mulai dari 10 hingga 120 centimeter (cm) hingga pukul 13.00 WIB tadi.

Adapun lokasi dengan genangan tertinggi berada di kawasan permukiman warga di Kelurahan Rawa Terate, Jakarta Timur setinggi 120 cm.

Baca Juga: 34 Jalan di Jakarta Tergenang Banjir, Ini Daftar Terbarunya

1. Mayoritas lokasi yang tergenang ada di jalanan

DKI Hujan Seharian, 38 Ruas Jalan Tergenang Banjirilustrasi banjir (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang mengatakan kendati genangan tertinggi ada di permukiman warga, namun mayoritas lokasi yang tergenang berada di jalan.

"Siang ini masih terjadi genangan dan kami sedang menerjunkan personel ke lokasi. Hujannya saat ini berfokus di utara Jakarta dan sebagian wilayah utara Jakarta Timur,” kata Michael dikutip dari keterangan resmi.

2. BPBD DKI siagakan perahu karet

DKI Hujan Seharian, 38 Ruas Jalan Tergenang BanjirBanjir di Kelurahan Rawa Terate, Jakarta Timur setinggi 120 cm. (dok. BPBD DKI Jakarta)

Michael mengatakan, BPBD DKI Jakarta menyiagakan perahu karet di Rawa Terate yang tergenang banjir hingga 1,2 meter.

“Di Rawa Terate paling tinggi 120 cm, kita sudah berkoordinasi dengan Ditpolairud (Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara) untuk menyiagakan perahu karet di sana tapi belum ada evakuasi. Tapi personel sudah stand by," ujar Michael.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Jakarta, 11 Ruas Jalan Ini Tergenang

3. BPBD DKI kerahkan mobile pump

DKI Hujan Seharian, 38 Ruas Jalan Tergenang Banjirilustrasi banjir (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Michael melanjutkan, pihaknya juga mengerahkan pompa air bergerak (mobile pump) untuk melakukan penyedotan di lokasi tergenang dan memastikan tali-tali air di lingkungan dan jalan berfungsi dengan baik.

"Merujuk laporan BMKG juga memang mayoritas banjir sebagian besar karena dipicu curah hujan yang tinggi, dini hari tadi berdasarkan laporan BMKG tergolong hujan ekstrem dengan intensitas 157,4 milimeter per hari. Kami ingin memastikan genangan cepa surut dan tidak ada sumbatan di pintu-pintu air," ucap Michael.

Baca Juga: 6 Tips Berguna Mencuci Baju Tanpa Mesin Cuci di Musim Hujan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya