Comscore Tracker

PKB Siap Gabung KIB, Cak Imin: Asal Capresnya Saya 

Cak Imin klaim banyak pihak minta dia jadi capres

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin membeberkan partainya siap bergabung dengan koalisi Partai Golkar, PPP, dan PAN.

Namun, Cak Imin, mengatakan syarat PKB masuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tersebut ialah dirinya harus menjadi calon presiden (capres) dari koalisi itu.

"PKB siap bergabung asal capresnya saya,” ucap dia seperti dilansir ANTARA, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Koalisi Golkar, PAN dan PPP Terbuka bagi Capres Nonparpol

1. Cak Imin sambut baik pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu

PKB Siap Gabung KIB, Cak Imin: Asal Capresnya Saya Wakil Ketua DPR RI, sekaligus Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan sambutan saat menghadiri deklarasi dirinya sebagai Calon Presiden digelar Alumni Universitas Indonesia Timur Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (1/3/2022). (ANTARA/Darwin Fatir.)

Cak Imin menyambut baik pembentukan KIB. Menurutnya, pembentukan koalisi in bagian ikhtiar untuk menyamakan kekuatan. Terkait Pemilu 2024, menurutnya saat ini PKB sangat terbuka untuk berkonsolidasi dengan partai mana pun.

"Kita terus menjalin komunikasi di DPR. Tapi secara khusus belum, kami terbuka," ujarnya.

2. Cak Imin klaim banyak kalangan minta dirinya jadi capres

PKB Siap Gabung KIB, Cak Imin: Asal Capresnya Saya Deklarasi dukungan Asosiasi Peternak Kambing se-DIY untuk Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar Capres 2024 di Kulon Progo, Senin (7/2/2022. ANTARA/HO-Asosiasi Peternak Kambing se-DIY.

Selain itu, Cak Imin mengklaim banyak kalangan yang terus mendorongnya maju sebagai capres pada Pemilu 2024, terutama warga nahdliyin.

"Insyaallah kita siap bersama-sama menyukseskan pemilu dan maju sebagai capres. Itu keinginan sebagian besar warga kita, terutama nahdliyin dan nahdliyat, supaya kita punya presiden yang mewakili warga nahdliyin," tutur dia.

Oleh sebab itu, Cak Imin berharap cita-cita warga nahdliyin tersebut terwujud.

Baca Juga: PDIP Sentil Koalisi Golkar-PAN-PPP: Jangan Kontestasi Terlalu Awal

3. Cak Imin sebut suara untuk PKB terus meningkat

PKB Siap Gabung KIB, Cak Imin: Asal Capresnya Saya Penyedia jasa becak wisata yang tergabung dalam paguyuban becak wisata religi di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024 di depan Masjid Agung Demak, Selasa (8/2/2022). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

Terakhir, Cak Imin mengklaim dari berbagai hasil survei, perolehan suara PKB terus menunjukkan tren peningkatan.

"Dalam survei-survei terakhir kita sudah di posisi kedua, bersaing dengan Gerindra. Kita berharap pada 2024 nanti, kita minimal bisa merebut juara dua, syukur bisa terus melaju," kata keponakan Gus Dur itu.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya