5 Provinsi Ini Paling Rendah Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Lansia

Angka kematian lansia akibat COVID-19 masih tertinggi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan terdapat lima provinsi di Indonesia yang memiliki angka vaksinasi COVID-19 sangat rendah untuk kelompok lanjut usia atau lansia.

"Data menunjukkan ada beberapa provinsi yang masih sangat rendah cakupan vaksinasi untuk kelompok lansianya," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia, dikutip dari ANTARA, Sabtu (14/8/2021).

Adapun lima provinsi yang dimaksud yaitu Aceh, Sumatra Barat, Maluku Utara, Sulawesi Barat, dan Papua.

Baca Juga: RI Masuk 10 Besar Negara Vaksinasi COVID-19 Terbanyak Dunia

1. Angka kematian lansia masih jadi yang tertinggi

5 Provinsi Ini Paling Rendah Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok LansiaIlustrasi lansia (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Nadia menjelaskan kelompok lansia termasuk ke dalam target sasaran vaksinasi yang perlu ditingkatkan. Hal itu karena kelompok lansia memiliki risiko kematian dan kesakitan yang lebih tinggi akibat COVID-19.

"Karena kita tahu kelompok lansia ini adalah masih paling tinggi angka kematian dan angka kesakitannya, dibandingkan kelompok usia yang lebih muda," ujar dia.

2. Vaksin COVID-19 terbukti efektif

5 Provinsi Ini Paling Rendah Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok LansiaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Vaksin COVID-19 yang digunakan di Tanah Air, menurut Nadia, terbukti efektif mencegah gejala dan kematian. Maka itu, ia menyampaikan agar ketersediaan vaksin di daerah harus segera digunakan, menyesuaikan kelompok sasaran dari setiap jenis vaksin.

"Karena itu kita terus bersama semua pihak untuk berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19," kata dia.

3. Setiap daerah perlu menyusun strategi

5 Provinsi Ini Paling Rendah Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok LansiaWarga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 saat Vaksinasi Massal COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 26 JWarga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 saat Vaksinasi Massal COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 26 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Tak hanya itu, Nadia mengatakan, perlu ada strategi yang disusun menyesuaikan kondisi dari masing-masing daerah untuk mendata lansia di wilayahnya agar cepat mendapat vaksin, dan perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI-Polri, kepala desa, lurah, hingga RT/RW.

"Kunci pada penanganan pandemik COVID-19 adalah semakin banyak dan semakin cepat vaksinasi mendapatkan dosis satu dan dosis kedua secara lengkap," ujar dia.

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya