Israel vs Palestina, Fadli Zon: PBB Harus Kirim Pasukan Perdamaian

"Israel sangat keras kepala dan kebal terhadap kecaman."

Jakarta, IDN Times - Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon, meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengirimkan pasukan perdamaian ke zona konflik Palestina-Israel sebagai bentuk penghentian arogansi Israel terhadap Palestina.

"Israel sangat keras kepala dan kebal terhadap kecaman, perlu diambil langkah nyata dan sungguh-sungguh untuk menghentikan arogansi Israel, antara lain pengiriman penjaga perdamaian internasional ke zona konflik di bawah bendera PBB," ujar Fadli Zon pada Rabu (19/5/2021) dikutip dari ANTARA.

1. DKPBB diminta secepatnya mengambil langkah konkret

Israel vs Palestina, Fadli Zon: PBB Harus Kirim Pasukan PerdamaianDok.IDN Times/Istimewa

Fadli mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB secepatnya mengambil langkah konkret untuk menghentikan aksi brutal dan pelanggaran oleh Israel, karena menurutnya Israel telah melanggar sejumlah hukum internasional yaitu resolusi-resolusi DKPBB.

"Situasi saat ini merupakan momentum bagi PBB menegakkan hukum-hukum internasional terkait konflik Palestina-Israel," ujar Fadli.

Selain itu, ia juga mengatakan perlu untuk mendorong petisi internasional antizionis Israel serta mengefektifkan gerakan Boikot, Divestasi, dan sanksi (BDS) terhadap Israel seperti yang dilakukan oleh sejumlah negara lainnya.

Baca Juga: 5 Pijakan Politik AS di Timur Tengah hingga Selalu Setia Dukung Israel

2. Mengimbau negara yang berhubungan dengan Israel untuk menghentikan aksi brutal Israel

Israel vs Palestina, Fadli Zon: PBB Harus Kirim Pasukan Perdamaian(ilustrasi Palestina-Israel) ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun

Indonesia tidak mempunyai hubungan dengan Israel, Fadli merasa beruntung akan hal tersebut. Karena menurutnya, normalisasi hubungan dengan Israel bukanlah langkah yang positif.

Maka dari itu, Fadli mengimbau kepada negara-negara yang mempunyai hubungan, juga harus mempunyai tekanan kepada Israel untuk menghentikan aksi-aksi brutal yang dilakukan.

3. Tekankan adanya urgensi konsolidasi dukungan politik untuk Palestina

Israel vs Palestina, Fadli Zon: PBB Harus Kirim Pasukan PerdamaianAksi bela Palestina di depan Gedun Merdeka, Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

BKSAP menilai kegagalan DKPBB dalam mengambil tindakan tegas terhadap Israel dapat menguras kredibilitas PBB. Terlebih lagi, adanya urgensi mendesak dapat memperkuat peran PBB agar lebih demokratis dan independen serta berwibawa.

Selain itu, Fadli mengatakan bahwa adanya urgensi konsolidasi dukungan politik terhadap Palestina juga untuk menjaga harapan pendirian negara Palestina yang berdaulat, demokratis dan layak.

Baca Juga: Perjuangan Perempuan Turun ke Jalan di Tengah Konflik Israel-Palestina

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya