Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?

Megawati dan Prabowo merupakan sahabat lama

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto baru saja meresmikan patung Presiden pertama RI Sukarno, pada Minggu 6 Juni lalu di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Pertemuan antara Megawati dan Prabowo dalam peresmian patung Bung Karno tersebut memperlihatkan begitu "mesranya" hubungan keduanya. Namun, itu bukanlah satu-satunya momen "mesra" yang diperlihatkan Megawati dan Prabowo. Dalam beberapa kesempatan, keduanya juga kerap memperlihatkan hubungan yang begitu akrab.

Wakil Ketua Umum Perindo Arya Sinulingga, pada 2019 lalu pernah mengatakan, bahwa Megawati dan Prabowo merupakan sahabat lama. 

"Ibu Megawati dan Pak Prabowo itu kan sudah bersahabat sejak lama. Ibu Megawati dan Pak Prabowo pernah maju sebagai pasangan capres-cawapres pada Pemilu Presiden 2009," ujar Arya seperti dilansir ANTARA, Rabu 24 Juni 2019.

Lantas seperti apa momen-momen "mesra" antara Prabowo dan Megwati? Berikut hasil penelusuran IDN Times.

Baca Juga: Unhan Beri Gelar Profesor Kehormatan Bagi Megawati, Ini Alasannya

1. Makan siang khusus buatan Megawati untuk sambut kedatangan Prabowo

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Dok. IDN Times/Istimewa

Pada 2019 lalu, Megawati dan Prabowo melakukan pertemuan untuk membahas bangsa dan negara di Jalan Teuku Umar, Jakarta yang merupakan kediaman Megawati. 

Untuk menyambut kedatangan Prabowo, Megawati menyiapkan masakan khusus. Dari info yang dihimpun IDN Times, menu pembuka yang disajikan Megawati yaitu bakwan perpaduan aneka bahan dan bumbu-bumbuan membentuk cita rasa khusus. Bahkan, Sekretariat Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristianto mengatakan, Megawati secara khusus memilih bawang putih untuk menjamu Prabowo.

"Ibu ketum secara khusus akan mempersiapkan menu makan siang menyambut Pak Prabowo. Bawang untuk masak pun dipilih secara khusus," ujar Hasto. 

2. Nasi goreng spesial Megawati untuk Prabowo

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Dok.IDN Times/Istimewa

Megawati juga dikenal jago memasak nasi goreng. Pada saat memasuki masa kampanye Pilpres 2009 dimana saat itu Megawati dan Prabowo merupakan pasangan capres-cawapres yang dikenal sebagai pasangan Mega-Pro, Megawati mengajak Prabowo memasak bersama di kediamannya di Kebagusan, Jakarta Selatan. 

Momen tersebut terjadi pada 7 Juli 2009 yang hingga kini dikenang dengan politik "nasi goreng" Mega-Pro.

3. Megawati memanggil Prabowo dengan sebutan "Mas"

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Dok.IDN Times/Istimewa

Pada Kongres V PDIP yang digelar di Bali 2019 lalu, Megawati mengajak Prabowo untuk menghadiri kongres tersebut. Saat menyampaikan pidato politiknya, Megawati menyebutkan panggilan khususnya untuk Prabowo yakni "Mas".

"Padahal saya cuma tanya 'Mas, nanti mau ndak saya undang ke Kongres PDIP? Kalau ndak mau ya ndak apa-apa," ujar Mega disambut tawa tamu dan kader PDIP yang hadir dalam kongres. 

"Eh ternyata dia mau," lanjut Mega, yang kembali disambut tepuk tangan.

"Siap," lanjut Megawati, menirukan jawaban Prabowo saat pertemuan itu.

4. Prabowo akrab dengan keluarga Megawati

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Instagram/Puanmaharaniri

Tak hanya dengan Megawati, Prabowo juga terlihat akrab dengan putri Megawati yang juga merupakan Ketua DPR RI saat ini, Puan Maharani. Hal itu terlihat dari foto yang diunggah oleh Puan di akun instagramnya @puanmaharaniri, 2019 lalu. 

Di dalam foto tersebut, terlihat Puan berswafoto dengan Prabowo dan sang ibu, Megawati dengan caption:

"Selamat bekerja Menteri Pertahanan Republik Indonesia periode 2019-2024, untuk Indonesia Maju."

5. Sambutan Megawati di KLB Gerindra

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Dok.IDN Times/Istimewa

Megawati memberi sambutan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra pada 8 Agustus 2020 yang dilakukan secara virtual. Bahkan, Megawati meyakini acara KLB Partai Gerindra tersebut berjalan dengan sukses dan menghasilkan keputusan yang menguatkan seluruh konsolidasi politik nasional kebangsaan Indonesia. 

"Semoga makin menguatkan kepekaan sayap garuda, ikut serta berjuang membawa kemajuan Indonesia Raya," kata Megawati dikutip dari ANTARA. 

6. Guyonan Megawati untuk Prabowo

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Megawati dan Prabowo Subianto di Asian Games 2018 (Dok. Istimewa)

Pada Pemilu 2019, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sempat memindahkan posko pemenangannya ke daerah Jawa Tengah, untuk merebut suara di kandang PDIP itu. Nah, dalam Kongres V PDIP di Bali, Megawati menyinggung hal tersebut dan menjadikannya guyonan. 

"Gue datengin juga nih si Bowo (Prabowo)," ucap Megawati.

"Udah tahu itu tempatnya banteng (PDIP)," lanjut Mega. 

Saat itu, Megawati lantas memerintahkan kader-kader PDIP di Jawa Tengah untuk menjaga suara dari Prabowo dan koalisinya.

"Banteng berhenti merumput! Gosok tanduk kamu!" ujar Megawati dengan nada tinggi. 

Megawati mengaku sempat merasa lelah untuk memastikan suara di Jawa Tengah tidak direbut Gerindra dan koalisinya.

"Situ sih bikin capek-capek saya," kelakar Mega menyindir Prabowo, yang diikuti tawa hadirin.

Baca Juga: Resmikan Patung Berkuda Sukarno, Megawati: Terima Kasih Sahabat

7. Megawati-Prabowo resmikan patung Bung Karno di Magelang

Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?Patung Bung Karno menunggang kuda berdiri di depan area kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu, 6 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Tak hanya peresmian patung Bung Karno di Kemhan, Megawati dan Prabowo sebelumnya pernah meresmikan patung Bung Karno di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah pada 7 Februari 2020.

Disebutkan, dalam peresmian patung Bung Karno tersebut, Prabowo berjanji akan membuat patung Bung Karno yang kini sudah diresmikan di kantor Kementerian Pertahanan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya