Yakin Indonesia Survive, Mendagri Tito: Jangan Take It for Granted!

Menjaga NKRI salah satunya melalui seni dan budaya

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan pandemik COVID-19 merupakan ujian yang tidak ringan bagi bangsa Indonesia. Maka dari itu, ia mengatakan menjaga pesatuan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi hal yang perlu dilakukan. 

"Kita hendaknya tidak 'take it for granted' atau menganggap bahwa survive-nya bangsa kita adalah sesuatu yang biasa. Kita lihat beberapa negara, mereka ada yang tidak bisa survive menjadi suatu bangsa," ujar Tito pada konferensi pers virtual melalui channel YouTube Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: DPR: Pemilu 2024 Harus Siap Meski Pandemik COVID-19 Belum Berakhir

1. Negara bisa terpecah belah jika tidak dijaga

Yakin Indonesia Survive, Mendagri Tito: Jangan Take It for Granted!Ilustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam kesempatan tersebut, Tito menjelaskan bagaimana negara Uni Soviet yang besar dengan Sumber Daya Alam (SDA), Sumber daya Manusia (SDM), kemampuan militer dan keuangan yang kuat bisa pecah menjadi negara-negara kecil.

"Tentu kita tidak ingin mengalami bangsa kita terpecah seperti itu," ujar Tito.

Oleh karena itu, menurutnya, bangsa Indonesia yang amat beragam, berbeda suku, bahasa, keturunan ras, agama dan lainnya perlu dirawat persatuannya dan wawasan kebangsaannya.

"Ini justru bisa menjadi kebanggaan dan kekayaan bagi bangsa kita dan bukan menjadi perbedaan yang dapat memecah belah bangsa kita," katanya.

2. Melalui seni dan budaya

Yakin Indonesia Survive, Mendagri Tito: Jangan Take It for Granted!ANTARA FOTO/Jojon

Salah satu cara untuk memelihara persatuan bangsa menurut Tito adalah melalui jalur seni budaya, dengan lagu-lagu dan seni lainnya yang memupuk rasa persatuan bangsa.

"Lagu, musik adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjaga itu. Karena lagu, musik disukai hampir semua kalangan," jelas Tito. Lagu dan musik, menurutnya, akan dapat meresap dalam hati ke dalam pikiran sehingga mempengaruhi rasa nasionalisme kebangsaan.

Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, penyanyi yang dikenal dengan panggilan Bams atau Bambang Raguna Bukit menciptakan lagu berjudul "Untuk Mu Indonesia" yang dipersembahkan untuk bangsa Indonesia.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Minta Warga Tak Jenuh Terapkan Prokes 

3. Yakin Indonesia akan survive

Yakin Indonesia Survive, Mendagri Tito: Jangan Take It for Granted!Ilustrasi Merdeka (IDN Times/Mardya Shakti)

Tito mengatakan dengan adanya kontribusi seni budaya dalam menjaga persatuan bangsa dan NKRI, ia yakin Indonesia akan survive dan menjadi bangsa yang lebih lagi.

"Saya sangat yakin, Insya Allah bisa survive. Kita bisa mengatasi melalui ini dan lahir menjadi bangsa yang lebih kuat lagi," ujar Tito. 

Baca Juga: Said Aqil Yakin Tidak Ada Kiai NU yang Ingin Memberontak ke NKRI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya