Comscore Tracker

Upacara HUT RI, TNI AL Banten Kibarkan Merah Putih di Lautan

Merayakan kemerdekaan di bawah laut

Jakarta, IDN Times - Pada hari kemerdekaan yang diperingati hari ini, Sabtu (17/8) berbagai instansi resmi negara melakukan upacara bendera. Tapi tidak sama seperti upacara pada biasanya, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten memeriahkan upacara bendera ini dengan mengibarkan bendera di dalam Laut Sangiang.

Dilansir dari kantor berita Antara, pengibaran bendera diawali dengan inisiatif dari TNI AL Banten dan Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dengan melibatkan Grup 1 Kopassus Serang, Ditpolairuda Polda Banten, Basarnas Banten, Polres Cilegon, Kodim 0623 Cilegon, Komunitas Diver Banten serta ratusan penyelam snorkeling lainnya.

Baca Juga: Gelar Upacara di Pulau Reklamasi, Anak Buah Anies Salah Ucap Usia RI

1. Terjun ke laut sedalam 8 meter

Upacara HUT RI, TNI AL Banten Kibarkan Merah Putih di Lautanpexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Untuk mengibarkan bendera Merah Putih di laut, para penyelam harus turun ke dasar laut sedalam 8 meter dan diantar oleh sejumlah kapal Polri. Saat sampai di dasar laut, penyelam langsung membentuk formasi tepat di hadapan tiang bendera.

2. Kondisi tidak sama dengan di darat, pengibaran di laut lebih menantang

Upacara HUT RI, TNI AL Banten Kibarkan Merah Putih di LautanIlustrasi (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Komandan TNI AL Banten, Danlanal mengatakan bahwa membentangkan bendera merah putih di laut cukup menantang dan tidak sama seperti di darat karena harus menghadapi arus yang kuat. 

"Pada saat pembentangan bendera tadi, arus sangat kencang. Ini tidak sama dengan membentangkan bendera di darat. Ini kita menghadapi arus, kemudian angin dari segala macam arah. Tetapi dengan semangat tadi, semua dapat terlaksana." ujar Danlanal dikutip dari Antara.

3. Ratusan peserta ikut andil melakukan upacara hari kemerdekaan RI di bawah laut

Upacara HUT RI, TNI AL Banten Kibarkan Merah Putih di LautanIDN Times/I Made Argawa

Ketua POSSI Cilegon, Irfan Ali Hakim berterimakasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam megibarkan bendera merah putih di laut dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan TNI AL Banten, Danlanal dan Letkol Laut (P), Golkariansyah sebagai Inspektur Upacara serta Serma Saparudin, Grup 1 Kopassus Serang sebagai Komandan Upacara.

Baca Juga: [Foto] Ratusan Aktivis Gelar Upacara Bendera di Sungai Cisadane

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You