Comscore Tracker

Terpisah dari Rombongan saat Ibadah Haji? Temui Petugas di 6 Titik Ini

Jangan panik. Tetap kalem dan jadi haji mabrur, amin~

Makkah, IDN Times- Kabid Perlindungan Jamaah PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis, mengimbau kepada jemaah haji supaya tidak panik bila terpisah dari rombongannya ketika melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram. Pihaknya telah menyiapkan enam titik yang dijaga oleh petugas asal Indonesia.

“Keberadaan sektor khusus di Masjidil Haram ini untuk mengantisipasi jemaah pisah rombongan usai melaksanakan umrah wajib yang biasanya mereka lakukan di awal kedatangan ke Makkah,” kata Jaetul sebagaimana dikutip dari Kemenag.go.id, Jumat (12/7).

1. Petugas disebar di luar dan di dalam Masjidil Haram

Terpisah dari Rombongan saat Ibadah Haji? Temui Petugas di 6 Titik IniIDN Times/Uni Lubis

Skema yang telah disiapkan adalah petugas ditempatkan di dua tempat yakni di luar dan di dalam Masjidil Haram. Tidak akan sulit menemukan petugas. Karenanya dia meminta supaya jemaah tidak ada yang panik.  

“Kepada jemaah haji Indonesia yang terpisah rombongan ketika di Masjidil Haram, jangan panik. Berjalan saja menuju titik-titik di mana telah kami sediakan petugas haji Indonesia untuk  bersiap membantu,” tambah dia.

Baca Juga: Ada yang Pakai Cape, Ini 10 Outfit Seleb Saat Perjalanan Haji Kecil

2. Berikut dua titik di dalam masjid

Terpisah dari Rombongan saat Ibadah Haji? Temui Petugas di 6 Titik IniIDN Times/Uni Lubis

Jaetul memaparkan, tim sektor khusus yang disiapkan berjumlah 37 personel, terdiri dari unsur perlindungan jemaah (linjam) yang merupakan personel TNI-Polri, unsur bimbingan ibadah, serta tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH).

Di dalam Masjidil Haram, petugas akan siaga di area dekat Hijr Ismail. “Bisa juga patokannya tulisan besar berwarna coklat bertulis ‘Baabul Umrah’. Petugas akan ditempatkan di sini. Ini kita sebut sebagai Pos 5,” terang Jaetul.

Pada titik kedua, petugas akan berjaga pada pintu menuju tempat sai.

“Usai melaksanakan tawaf, jemaah kita biasanya akan mengarah ke pintu ini untuk kemudian melaksanakan sai. Bila bingung akan mengarah ke mana, temui mereka yang berseragam petugas haji Indonesia di titik ini, dan mereka akan segera membantu,” paparnya.

3. Berikut titik petugas berjaga di luar masjid

Terpisah dari Rombongan saat Ibadah Haji? Temui Petugas di 6 Titik IniBahauddin/MCH2019/Kemenag.go.id

Petugas juga ditempatkan di empat titik di luar Masjidil Haram. Pertama, di pintu keluar muruah yang menjadi pintu berakhirnya sai. “Ini kami sebut sebagai Pos 1 Haram. Di sini biasanya jadi titik akhir jemaah usai melaksanakan rangkaian umrah.”

Tiga titik lainnya, masing-masing berada di depan Darul Arqam, di depan Zam-Zam Tower, serta di depan Hotel Dar Al Tawhid. “Petugas nanti akan mengarahkan jemaah kepada jalan terdekat menuju pemondokan,” sambungnya.

Baca Juga: 32 Ribu Jemaah Haji dari Indonesia Sudah Tiba di Madinah

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You