Comscore Tracker

Chairul Anam Harap Panglima TNI Temui Komnas HAM sebelum ke Papua

Panglima TNI Jenderal Andika akan ke Papua pekan depan

Jakarta, IDN Times – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berharap Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, menampung aspirasi lembaga tersebut sebelum bertolak ke Papua pekan depan.

Pernyataan itu disampaikan seiring rencana Andika memperkenalkan pendekatan baru terhadap Papua, yang merupakan salah satu janjinya sebagai Panglima TNI menggantikan posisi Hadi Tjahjanto.

“Alangkah lebih baik kalau seandainya bisa ketemu sama Komnas HAM sebelum ke sana (Papua),” kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam, dalam diskusi terbatas yang digelar di Hotel Royal Kuningan, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: KSAD Dudung Ingin TNI Rangkul KKB di Papua, Anggota DPD Mendukung

1. Komunikasi dengan Komnas HAM penting untuk implementasi pendekatan baru TNI

Chairul Anam Harap Panglima TNI Temui Komnas HAM sebelum ke PapuaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Menurut Chairul, pendekatan baru TNI bisa direalisasikan apabila Jenderal Andika memperhatikan catatan pelanggaran HAM yang terjadi di Bumi Cendrawasih.

“Mungkin ada sisi yang tidak bisa dibayangkan oleh Panglima TNI, karena memang beliau dari muda sampai sekarang di tentara terus, dan kami (melihat kasus Papua) dari HAM terus,” ungkap Chairul.

“Siapa tahu ada sesuatu yang baik, yang bisa juga digunakan oleh teman-teman militer untuk pendekatan baru,” tambah dia.

Baca Juga: Daftar Lengkap Mutasi 23 Perwira TNI, Gebrakan Panglima Andika Perkasa

2. Komnas HAM berharap bisa berdiskusi dengan Panglima TNI sebelum ke Papua

Chairul Anam Harap Panglima TNI Temui Komnas HAM sebelum ke PapuaPanglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan kepada wartawan usai dilantik menjadi Panglima TNI di area Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Diskusi dengan Komnas HAM, menurut Chairul, bisa memantapkan manajemen dan strategi Panglima TNI untuk meredam konflik di wilayah Timur Indonesia itu.

“Sebelum menyampaikan konsepnya, minta masukkan kepada Komnas HAM sebelum ke Papua, terkait bagaimana menata kelola konflik dan ketagangan. Ini langkah yang jauh lebih bagus,” ujar Chairul, menanggapi rencana kunjungan Andika ke Papua pekan depan.

Baca Juga: Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Janji Tangani Konflik Papua

3. Niat baik Panglima TNI perlu diapresiasi

Chairul Anam Harap Panglima TNI Temui Komnas HAM sebelum ke PapuaKomisioner Komnas HAM Choirul Anam. (dok. Humas Komnas HAM)

Terakhir, mewakili Komnas HAM, Chairul turut mengapreisasi niat baik Andika untuk menyudahi konflik di Papua.

“Saya kira itu semangat baru beliau sebagai panglima, ini semangat yang baik. Biar langsung disampaikan kepada publik di Papua sana. Biar juga mendengarkan langsung dari apa yang diomongkan teman-teman di Papua sana,” tutur dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya