Comscore Tracker

Satu Keluarga Muslim Ditabrak di Kanada, PM Trudeau: Ini Terorisme!

Justin Trudeau kecam aksi yang dilandasi Islamofobia

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau melabeli pembunuhan empat anggota keluarga muslim, yang ditabrak dengan truk pikap sebagai serangan terorisme.  
 
“Pembunuhan ini bukan kecelakaan. Ini adalah serangan teroris, dimotivasi oleh kebencian, di jantung salah satu komunitas kami," kata Trudeau dalam pidatonya di House of Commons pada Selasa, 8 Juni 2021, sebagaimana dikutip dari NDTV.
 
Tersangka yang berusia 20 tahun dan telah ditangkap tak lama setelah serangan itu, telah didakwa dengan empat tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan satu percobaan pembunuhan.

Sementara, beberapa pemimpin komunitas muslim telah meminta pengadilan untuk mengklasifikasikan kejadian tersebut sebagai aksi terorisme.

Baca Juga: Debat Capres AS 2020, Trump Dukung Organisasi Pro Islamofobia

1. Trudeau akan lawan kekerasan berbasis SARA

Satu Keluarga Muslim Ditabrak di Kanada, PM Trudeau: Ini Terorisme!Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (Instagram/@justinpjtrudeau)

Para pejabat mengatakan, insiden yang terjadi di Ontario itu telah direncanakan dan dimotivasi kebencian berbasis agama. Trudeau berjanji akan mengambil tindakan lebih, demi membongkar kelompok sayap kanan.
 
"Kami akan terus memerangi kebencian online dan offline, (termasuk) mengambil lebih banyak tindakan untuk membongkar kelompok kebencian sayap kanan, seperti yang kami lakukan dengan Proud Boys dengan menambahkannya ke daftar teror Kanada," kata dia.
 
Sementara, Menteri Keamanan Publik Kanada Bill Blair menggambarkan serangan itu sebagai tindakan Islamofobia yang mengerikan. “Mereka percaya keluarga itu menjadi sasaran karena keyakinan mereka, dan penyerang itu dimotivasi oleh kebenciannya terhadap muslim,” katanya.

2. Satu anak laki-laki selamat dan sedang menjalani pemulihan

Satu Keluarga Muslim Ditabrak di Kanada, PM Trudeau: Ini Terorisme!Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (Instagram/@justinpjtrudeau)

Serangan itu terjadi ketika lima anggota keluarga sedang berjalan bersama di sepanjang trotoar. Kemudian, sebuah truk pikap hitam melintas ke trotoar dan menabrak mereka, yang hendak menyeberangi persimpangan.
 
Hanya satu orang yang selamat, yaitu anak laki-laki berusia sembilan tahun yang saat ini sedang menjalani perawatan.
 
“Kami semua berharap anak laki-laki itu dapat pulih dari cederanya dengan cepat, meskipun kami tahu dia akan hidup lama dengan kesedihan, ketidakpahaman, dan kemarahan yang disebabkan oleh serangan Islamofobia yang pengecut ini,” tutur Trudeau.

3. Kejadian yang menyasar etnis muslim pernah terjadi pada 2017

Satu Keluarga Muslim Ditabrak di Kanada, PM Trudeau: Ini Terorisme!Karangan bunga di lokasi penabrakan di Kanada (Instagram/@justinpjtrudeau)

Tersangka pembunuhan, Nathaniel Veltman, ditangkap di sebuah mal yang berjarak tujuh kilometer dari tempat kejadian perkara.

Serangan itu mengingat kembali kenangan pahit tentang penembakan massal di Masjid Kota Quebec pada Januari 2017, dan amukan pengemudi di Toronto yang menewaskan 10 orang pada April 2018.

“Mereka semua menjadi sasaran karena keyakinan muslim mereka. Ini sudah terjadi di sini, di Kanada. Dan itu harus dihentikan,” tutup Dia.

Baca Juga: Warga Pribumi Kanada Tuntut Pencarian Kuburan Massal 215 Anak

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya