Ada 65 Titik Panas dan 40 Titik Api di Riau, Status Waspada Karhutla

Titik panas tersebar di 9 kabupaten/kota di Riau

Riau, IDN Times - Satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi adanya 65 titik panas (hot spot) yang mengepung Provinsi Riau, Senin (2/3).

Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru, Yudhistira M mengatakan, titik panas yang tingkat kepercayaannya berada di atas 50 persen tersebut, tersebar di 9 kabupaten/kota. Terbanyak di Kabupaten Pelalawan dengan 22 titik, Kabupaten Bengkalis 10 titik, Kabupaten Inhil 8 titik, dan Kabupaten Siak 7 titik.

Kemudian di Kabupaten Kepulauan Meranti ada 6 titik, Kota Dumai 5 titik, Kabupaten Rohil 4 titik, Kabupaten Inhu 2 titik, dan Kabupaten Kampar 1 titik.

1. Dari 65 titik panas, terdapat 40 titik api

Ada 65 Titik Panas dan 40 Titik Api di Riau, Status Waspada Karhutla(Dokumentasi BMKG stasiun Pekanbaru)

"Ada 40 titik api yang terdeteksi oleh satelit dari 65 titik panas. Titik api itu tingkat kepercayaannya berada di atas 70 persen," kata Yudhistira. Artinya berpotensi tinggi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sana.

40 titik api tersebut tersebar di Kabupaten Pelalawan sebanyak 16 titik, Kabupaten Bengkalis 5 titik Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Inhil masing-masing 4 titik, Kabupaten Rohil 2 titik dan Kabupaten Inhu 1 titik.

Baca Juga: Karhutla di Lereng Gunung Andong, Titik Api di Lereng Terjal

2. Titik panas dan api meningkat

Ada 65 Titik Panas dan 40 Titik Api di Riau, Status Waspada KarhutlaKebakaran hutan dan Lahan di Sumsel tahun 2019 (IDN Times/BNPB)

Sementara itu, dibandingkan hasil pantauan satelit tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB, titik panas maupun titik api mengalami peningkatan yang cukup tajam. Di mana, tadi pagi satelit hanya mendeteksi adanya 18 titik panas dan 12 titik api.

Titik panas tersebar di Kabupaten Bengkalis 6 titik, Kapupaten Pelalawan 4 titik, Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak dan Dumai masing-masing 2 titik dan Kabupaten Kuansing serta Rohil masing-masing 1 titik.

Sedangkan titik api ada di Kabupaten Bengkalis 5 titik, Kabupaten Pelalawan 4 titik, Kabuapten Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai masing-masing 1 titik.

3. Jarak pandang masih cukup normal

Ada 65 Titik Panas dan 40 Titik Api di Riau, Status Waspada KarhutlaPesawat yang hendak mendarat di APT Pranoto harus berputar lebih dulu hingga jarak pandang normal (IDN Times/Yuda Almerio)

Meski banyak terdeteksi titik panas, namun jarak pandang di berbagai wilayah Provinsi Riau diprediksi normal. Di mana Kota Pekanbaru masih berjarak 9 kilometer, Kabupaten Pelalawan yang memiliki titik panas dan api berjarak 10 kilometer.

Sementara jarak pandang di Rengat, Kota Dumai dan Tambang masing-masing berada di angka 8 kilometer. "Jarak pandang ini masih normal belum berkabut," pungkas Yudhistira.

Baca Juga: RI Ikut Bantu Australia Padamkan Karhutla dengan Kirim Personel TNI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya