Ada 7 Pasien Suspect Virus Corona di Riau,  Langsung Diisolasi di RSUD

Baru pulang dari luar negeri

Pekanbaru, IDN Times - Sebanyak 7 orang pasien suspect virus corona atau COVID-19 kini dirawat di ruang isolasi di 4 rumah sakit daerah Riau.

Di antaranya 4 orang di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, satu orang di RSUD Dumai, satu orang di RSUD Puri Husada Indragiri Hilir, dan satu orang di RSUD Bengkalis.

"Jadi ada 7 pasien. Enam laki-laki dan satu perempuan. Usianya sekitar 18 hingga 58 tahun," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Senin (9/3).

Bagaimana mereka bisa terpapar virus tersebut? Berikut penjelasan dari Kadiskes Riau.

1. Memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri

Ada 7 Pasien Suspect Virus Corona di Riau,  Langsung Diisolasi di RSUDKepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir (IDN Times/Virda Elisa)

Usut punya usut, ternyata ketujuh pasien yang kini sedang dalam pengawasan tim medis itu ternyata pernah berkunjung ke negara yang terpapar virus corona.

"Kalau dilihat 1 sampai 7 pasien suspect hampir semuanya memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri," ujarnya.

Baca Juga: Ini 7 Rumah Sakit yang Dipersiapkan untuk Pasien Corona di Riau

2. Gagal umrah hingga kedatangan tamu dari Malaysia

Ada 7 Pasien Suspect Virus Corona di Riau,  Langsung Diisolasi di RSUDPemeriksaan virus corona (Dok. PELINDO 1)

Seperti pasien pertama yang dirawat di RSUD Arifin Achmad berjenis kelamin laki-laki. Dia pernah menginap satu malam di Malaysia karena batal berangkat umrah.

"Tapi pasien ini miliki riwayat penyakit obstetrics kronis (paru). Jadi untuk mengetahuinya harus menunggu hasil lab dari Litbangkes Jakarta," sebut Mimi.

Sementara pasien di Dumai dan di Inhil merupakan seorang Anak Buah Kapal (ABK) yang bertugas melakukan bongkar muat barang dari kapal luar megeri.

Selain itu, ada juga pasien yang baru saja pulang umrah dan berangkat ke Malaysia akhir Februari lalu. Ia kembali ke Indonesia 5 Maret. Tak lama setelah itu dia tak enak badan dan dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad.

Sementara pasien perempuan ternyata seorang Asisten Rumah Tangga (ART). Ia pernah kedatangan tamu orang Malaysia lalu merasakan gejala corona. Dia langsung dirawat di ruang isolasi RSUD Pekanbaru.

3. Sampel darah dari 7 pasien sudah diambil

Ada 7 Pasien Suspect Virus Corona di Riau,  Langsung Diisolasi di RSUDFlickr/lazoithelife

Untuk mengetahui apakah ketujuh pasien ini benar-benar terkena virus corona, Dinkes Riau mengambil sampel darah mereka lalu mengirimnya ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

Sambil menunggu hasil uji darah keluar, ketujuh pasien tetap ditempatkan di ruang isolasi dan diawasi oleh tim medis yang dibentuk khusus di masing-masing rumah sakit rujukan tersebut.

Baca Juga: Bandara SSK II Riau Bagikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan, Ini Fungsinya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya