Riau Siapkan 3 RS Rujukan dan 4 RS Tipe-B untuk Pasien Virus Corona

Riau tengah bersiap mencegah penyebaran virus corona

Riau, IDN Times - Sebanyak tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Riau dijadikan sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien yang terindikasi terjangkit virus corona atau COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, menyebutkan bahwa ketiga rumah sakit tersebut adalah RSUD Arifin Ahmad Kota Pekanbaru, RSUD Puri Husada, Tembilahan, Inhil, dan RSUD Kota Dumai.

"Rumah sakit ini sebagai rujukan jika ada pasien yang suspect mau pun positif terkena virus corona. Ada pun rumah sakit rujukan pertama adalah RSUD Arifin Ahmad," katanya di Pekanbaru, Selasa (3/3).

1. Gubernur Riau buat surat edaran

Riau Siapkan 3 RS Rujukan dan 4 RS Tipe-B untuk Pasien Virus CoronaInstagram/humas_riau

Melalui surat edaran nomor 43/SE/2020, Gubernur Riau Syamsuar memerintahkan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk mengamati kasus pneumonia atau gejala virus corona di wilayahnya.

Selain itu, seluruh rumah sakit umum daerah dan puskesmas agar lebih memperketat pemantauan dan apabila ada kasus pneumonia berat dan riwayat perjalanan ke 14 negara terjangkit virus corona agar dapat diisolasi selama 14 hari.

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Tambah 32 Rumah Sakit Rujukan

2. Persiapan masif sudah sejak awal tahun

Riau Siapkan 3 RS Rujukan dan 4 RS Tipe-B untuk Pasien Virus Coronasurreynowleader.com

Mimi mengungkapkan bahwa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah melakukan koordinasi ke setiap rumah sakit yang ada di Provinsi Riau sejak awal tahun 2020 ini.

"Kita sudah berkoordinasi dengan tiap Dinkes kabupaten/kota sejak Januari lalu, sejak informasi soal virus tersebut mulai muncul. Gunanya untuk kesiapsiagaan sedini mungkin," ungkapnya.

Dari hasil koordinasi tersebut, dibentuklah tim khusus yang sudah dilatih untuk menangani pasien terjangkit corona. Di tiap daerah tim itu dipimpin langsung oleh masing-masing kepala dinas kesehatan setempat.

3. Ada 4 rumah sakit tipe-B di Riau

Riau Siapkan 3 RS Rujukan dan 4 RS Tipe-B untuk Pasien Virus CoronaIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Wira Sanjiwani

Selain rumah sakit pelat merah, Pemprov Riau juga menetapkan 4 rumah sakit tipe-B sebagai rujukan pasien corona di antaranya Rumah Sakit Ibnu Sina, Rumah Sakit Santa Maria, Rumah Sakit Eka Hospital dan Rumah Sakit Awal Bros Sudirman.

Bagi masyarakat Riau yang merasa memiliki gejala seperti penyakit pneumonia maka bisa segera datang ke rumah sakit yang telah ditetapkan oleh pemerintah ini.

Baca Juga: Ini Daftar 100 RS Rujukan Virus Corona di Indonesia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya