Comscore Tracker

Sore-Sore Berkah: Emang Puasa Itu Beban?

Bulan puasa datang lagi, jangan anggap sebagai beban

Yogyakarta, IDN Times - Tak terasa bulan suci Ramadan datang kembali, yaitu bulan umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Pada episode pertama Sore-Sore Berkah Season 2 yang ditayangkan di kanal Youtube IDN Times, Ustaz Muzammil Hasballah berbagi tentang 6 kemuliaan atau keistimewaan dan 1 beban atau 1 peringatan di bulan Ramadan.

Perintah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini telah disampaikan dalam Surah Al-Baqarah ayat 183. Isinya menyebutkan bahwa "Telah dituliskan, disyariatkan dan diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah dituliskan bagi orang-orang umat sebelum kalian, agar kalian bertakwa".

Baca Juga: Jalani Ramadan, 5 Tips agar Ibadahmu Bisa Maksimal 

1. Umat Islam harus selalu tingkatkan iman dan takwa

Sore-Sore Berkah: Emang Puasa Itu Beban?Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Penting bagi umat Islam untuk senantiasa meningkatkan iman dan takwa. Sebab, tanpa iman yang kuat, bulan Ramadan hanya akan terasa sebagai beban.

"Kita butuh menyiapkan hati kita dan iman kita untuk menyambut bulan suci Ramadan ini agar kita bisa menikmati tamu agung yang mulia ini, jamuan-jamuan Allah SWT yang ada di bulan Ramadan," kata Ustaz Muzammil.

2. Bulan Ramadan terdapat 6 kemuliaan dan satu beban

Sore-Sore Berkah: Emang Puasa Itu Beban?Ilustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Ustaz Muzammil mengatakan sabda Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan kalau bulan Ramadan itu hanya terdapat satu beban saja, sedangkan di sampingnya ada enam keistimewaan atau kemuliaan yang lainnya. 

"Kalau saya urutkan itu jadi 611 rumusnya," ujarnya.

Keenam keistimewaan bulan Ramadan adalah adanya keistimewaan atau kemuliaan, bulan yang diberkahi, dibukakan pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dibelenggu setan-setan yang durhaka dan ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Sedangkan satu beban itu adalah diwajibkan atas umat Islam berpuasa di dalamnya.

3. Orang beriman akan menyambut Ramadan dengan kebahagiaan

Sore-Sore Berkah: Emang Puasa Itu Beban?Ilustrasi salat Tarawih di bulan Ramadan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bayangkan, ada enam keistimewaan atau kemuliaan dan hanya satu beban di bulan yang suci ini. Ustaz Muzammil mengatakan siapa yang terhalang dari kebaikan-kebaikan bulan Ramadan, maka akan terhalang pula dari kebaikan-kebaikan di bulan-bulan yang lain.

Menurutnya, orang-orang yang beriman akan menyambut bulan Ramadan dengan kebahagiaan, kesyukuran dan persiapan yang baik. Ia berpesan untuk meningkatkan iman dan takwa serta jangan memandang bulan Ramadan sebagai beban.

Baca Juga: Siapa Saja Orang yang Dapat Keringanan Tidak Berpuasa Ramadan?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya