Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Sopir bus masih dirawat karena luka berat

Purwakarta, IDN Times - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purwakarta belum menetapkan tersangka dalam kasus kecelakaan tunggal yang melibatkan bus Bima Suci di ruas Tol Cipularang KM70+400, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (28/1). 

Satlantas Polres Purwakarta masih menunggu hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan bersama Polda Jawa Barat dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Bus yang membawa sekitar 30 penumpang itu terguling di jalur B (Bandung arah Jakarta) di KM70+400 dan mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia dan lainnya mengalami luka.

1. Sopir bus maut masih dirawat karena luka berat

Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Polisi Belum Tetapkan TersangkaANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Kecelakaan yang terjadi pada Senin (28/1) pukul 09.40 WIB ini juga mengakibatkan sang sopir luka berat.

Hingga Selasa (29/1), jajaran Satlantas Polres Purwakarta dibantu Polda Jabar dan KNKT masih melakukan penyidikan dengan melakukan olah TKP di lokasi kejadian, untuk mengetahui penyebab kecelakaan maut ini.

2. Sopir masih jadi saksi kecelakaan maut

Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Polisi Belum Tetapkan TersangkaANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama mengatakan, bus PO Bima Suci mengalami kecelakaan tunggal di ruas Tol Cipularang jalur B KM70+400, Kabupaten Purwakarta. Berdasarkan keterangan sementara, sebelum terjadi kecelakaan, bus mengalami oleng hingga akhirnya terguling.

"Pengemudi bus Bima Suci Dede Suhaeri, warga Sukajadi, Cilegon, Banten masih menjadi saksi. Kami belum lakukan pemeriksaan, karena sopir masih menjalani perawatan," kata dia.

Baca Juga: 4 Fakta Mengenai Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

3. Polisi panggil pihak PO bus Bima Suci

Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Polisi Belum Tetapkan TersangkaANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sehari paskakecelakaan tunggal, kepolisian belum mengevakuasi bus Bima Suci yang bernomor polisi A 7520 CS. Posisi bus masih terlihat pada kondisi semula, setelah kecelakaan.

Ricky mengatakan, Polres Purwakarta bersama Polda Jawa Barat dibantu KNKT masih melakukan olah TKP terkait peristiwa kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang, sehingga bus Bima Suci belum dievakuasi.

"Kami masih lakukan olah TKP. Belum dievakuasi," kata dia.

4. Tujuh korban meninggal dunia sudah dibawa keluarga dan dimakamkan

Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Polisi Belum Tetapkan TersangkaANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Tujuh korban meninggal akibat kecelakaan ini sudah dibawa pulang keluarganya. Jenazah juga sudah dimakamkan di kampung halamannya masing-masing.

Menurut Ricky, para korban meninggal dunia berasal dari sejumlah daerah seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Banten, Tangerang, dan Jawa Tengah.

5. Sebanyak 33 penumpang selamat dan terluka masih dirawat di tiga rumah sakit

Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Polisi Belum Tetapkan TersangkaANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Sementara jumlah korban yang masih dirawat 33 orang. Mereka tersebar di tiga rumah sakit berbeda, yakni Rumah Sakit MH Thamrin, Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Rama Hadi.

Ricky menyebutkan dari semua korban yang menjalani perawatan medis, beberapa di antaranya mengalami luka berat. 

"Kami masih menyelidiki, apakah kecelakaan tersebut akibat human error atau dari kondisi kendaraan. Untuk kepastian penyebabnya bisa diketahui nanti setelah ada hasil dari investigasi," kata Ricky.

Baca Juga: Bus Bima Suci Terguling di Tol Cipularang, 7 Orang Tewas

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya