Pendaftar CPNS Tahun Ini Terbanyak dalam Sejarah Lho

Jumlah pendaftar lebih dari 4 juta orang. Termasuk kamu?

Jakarta, IDN Times - Masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCNP) sudah tutup pada Senin (15/10) lalu. Dengan ini para pendaftar hanya tinggal menunggu hasil seleksi administrasi pada 21 Oktober dan ujian online pada 21-25 Oktober mendatang.

Apakah kamu termasuk yang ikut mendaftar? 

1. Jumlah pendaftar tertinggi sepanjang sejarah

Pendaftar CPNS Tahun Ini Terbanyak dalam Sejarah LhoANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan bahwa dalam pusat data SSCN BKN tercatat ada 4.436.694 akun pelamar CPNS 2018.

“Dari jumlah tersebut, terdata sudah memilih instansi sebanyak 3.782.685 pelamar, dan sebanyak 3.627.981 sudah menyatakan submit,”  kata Kepala Biro Hubungan Kemasyarakatan (Humas) BKN, M Ridwan dalam rilis (16/10). 

Dari jumlah ini dipastikan 3,4 juta pelamar yang pasti ikut seleksi CPNS 2018.

Baca Juga: Tembus 3,7 Juta Orang, Jumlah Pelamar CPNS dari Jatim Terbanyak

2. Panitia seleksi sediakan 873 lokasi tes CPNS

Pendaftar CPNS Tahun Ini Terbanyak dalam Sejarah LhoANTARA FOTO/Septianda Perdana

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS telah menyediakan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari total tersebut, 237 titik diusahakan oleh BKN, dan 636 titik merupakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

3. Tidak ada atlet yang mendaftar jadi CPNS

Pendaftar CPNS Tahun Ini Terbanyak dalam Sejarah Lhoinstagram.com

Tahun ini menjadi tahun yang penuh prestasi internasional bagi atlet-atlet Indonesia karena menjadi tuan rumah dua perhelatan terbesar Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Pemerintah pun sempat menawarkan jalur khusus bagi atlet yang ingin menjadi CPNS. Ternyata, tidak ada atlet yang mendaftar.

"Untuk formasi atlet berprestasi internasional hingga kini belum ada pendaftar,” ujar Ridwan, Kepala Biro Humas BKN, seperti dikutip dari situs Setkab.go.id. 

Baca Juga: Seleksi CPNS di Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Ditunda Hingga 2019 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya