6 Parpol Konfirmasi Daftar Peserta Pemilu 2024, Ini Bocoran KPU

KPU imbau parpol lain juga konfirmasi waktu pendaftaran

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, memastikan sudah ada enam partai politik (parpol) yang menginformasikan rencana untuk mendaftar sebagai calon parpol peserta Pemilu 2024.

Keenam parpol itu di antaranya, PDIP, Golkar, Perindo, PKB, Gerindra, dan Demokrat.

"Yang sudah menginformasikan itu ada PDIP, Golkar, ada Perindo. Kemudian ada PKB,  Gerindra, Demokrat yang sudah menginformasikan tentang rencana kehadirannya ke KPU untuk mendaftar sebagai calon peserta Pemilu tahun 2024," ujar Hasyim saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2022) malam.

1. KPU kirim surat tentang tahapan pendaftaran kepada seluruh parpol

6 Parpol Konfirmasi Daftar Peserta Pemilu 2024, Ini Bocoran KPUKetua KPU RI Hasyim Asy'ari (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasyim mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada semua parpol dan petinggi parpol tentang tahapan pendaftaran peserta Pemilu 2024 yang dibuka pada 1 hingga 14 Agustus 2022.

"Pekan lalu, KPU sudah mengirim surat kepada semua partai politik, kepada pimpinan partai politik, menginformasikan bahwa kegiatan pendaftaran partai politik itu tanggal 1 sampai 14 Agustus," kata Hasyim.

Baca Juga: Pemilu 2024: KPU Minta Parpol Sampaikan Rencana Waktu Pendaftaran

Baca Juga: KPU RI: Baru 5 Parpol yang Sudah Input Data Sipol 100 Persen

2. Khusus 14 Agustus 2022 KPU bakal buka pendaftaran hingga jam 24.00

6 Parpol Konfirmasi Daftar Peserta Pemilu 2024, Ini Bocoran KPUIlustrasi dokumen parpol (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Dia mengatakan, dalam surat tersebut, KPU juga menginformasikan bahwa pendaftaran bisa dilakukan pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Khusus pada hari terakhir pendaftaran, tepatnya pada 14 Agustus 2022, pendaftaran bakal dibuka hingga jam 24.00.

"Termasuk jamnya, yaitu tanggal 1-13 jam 08.00 sampai jam 16.00 sore. Terakhir, tanggal 14 itu sampai jam 24.00 malam bertempat di kantor KPU," ujar Hasyim.

3. KPU imbau parpol informasikan waktu pendaftaran

6 Parpol Konfirmasi Daftar Peserta Pemilu 2024, Ini Bocoran KPUKetua KPU, Hasyim Asy'ari (IDN Times/Aryodamar)

KPU juga mengimbau kepada parpol untuk segera menginformasikan tentang waktu dilakukannya pendaftaran. Setidaknya, paling lambat sehari sebelum parpol melakukan pendaftaran ke kantor KPU.

"Itu kami sampaikan dan kami meminta partai politik yang mendaftar itu menginformasikan dengan cara berkirim surat kepada KPU, kapan kira-kira jadwal akan hadir mendaftar di kantor KPU. Paling lambat satu hari sebelum mendaftar, bukan satu hari sebelum tanggal 1 ya!" ucap Hasyim.

Baca Juga: Partai Buruh Laporkan KPU ke Bawaslu, Hasyim: KPU Langgar Aturan Apa?

Baca Juga: KPU Beri Akses Sipol, Bawaslu Siap Kolaborasi Kawal Pemilu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya