Comscore Tracker

Airlangga Lempar Sinyal Airin Maju di Pilgub Banten

Ridwan Kamil ditugaskan tingkatkan kemenangan di Jawa 1

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto memberi sinyal bakal mendorong mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Banten pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Awalnya, di hadapan para kader Golkar, Airlangga meminta agar lebih kerja keras lagi supaya memenangkan wilayah Jawa 1 yang terdiri dari Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (Jabar). 

Kemudian dia memperkenalkan kepada publik, termasuk Wakil Ketua Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Ridwan Kamil bahwa Airin akan maju sebagai Cagub Banten. Sadar namanya dipanggil, Airin tampak langsung berdiri dari tempat duduknya lalu menyapa para kader Golkar lainnya.

"(Banten) Gubernurnya Bu Airin, Pak Ridwan Kamil, berdiri-berdiri. Kalau Bu Airin boleh berdiri, enggak duduk-duduk Bu," kata Airlangga dalam sambutan di acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemenangan Pemilu Jawa 1 di Pecenongan, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Pengamat Nilai Ridwan Kamil ke Golkar Bisa Jadi 'Serep' Airlangga

1. Tugas berat Ridwan Kamil tingkatkan kemenagan Golkar di Jawa 1

Airlangga Lempar Sinyal Airin Maju di Pilgub BantenKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ridwan Kamil (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saat ditemui usai acara, Airlangga menjelaskan peran Ridwan Kamil yang diminta untuk meningkatkan kemenangan Golkar di wilayah Jawa 1. 

"Tentu kami meminta kepada Pak Ridwan Kamil untuk meningkatkan target-target tersebut. Dan tentunya pemilu tinggal hampir satu tahun sehingga tentu ini menjadi kesiapan dari seluruh fungsionaris Partai Golkar," kata Airlangga.

Baca Juga: Survei Algoritma: Elektabilitas PDIP Tertinggi, NasDem Kalahkan Golkar

2. Airlangga berharap Ridwan Kamil mampu dongkrak suara Golkar

Airlangga Lempar Sinyal Airin Maju di Pilgub BantenKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Airlangga berharap Ridwan Kamil bisa mendongkrak elektoral Golkar, baik di tingkat pusat maupun daerah pada Pemilu 2024 mendatang.

"Tadi dibahas mengenai target-target perolehan kursi di DPR RI, di DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten Kota dan target-targat yang ada ini tadi diumumkan target yang kita sudah siapkan sebelum Ridwan Kamil bergabung," ucap dia.

Baca Juga: Buka Peluang Kaesang Bergabung, Golkar: Cocok-cocok Saja!

3. Golkar pasang target tinggi

Airlangga Lempar Sinyal Airin Maju di Pilgub BantenKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan dalam Tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (20/10/2021). Perayaan HUT Ke-57 Partai Golkar tersebut mengangkat tema Bersatu Untuk Menang (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kendati demikian, Airlangga tak merinci lebih lanjut soal strategi Golkar meraih kursi di wilayah Jawa 1. Dia menegaskan strategi itu masih rahasia dan hanya dibahas internal partai.

"Iya belum dihitung, jadi targetnya luar biasa tidak termasuk ada Kang Emil. Nah Teknis bagaimana caranya itu rahasia partai. Tapi yang paling penting lebih tinggi dari target ya," tutur dia.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya