Comscore Tracker

Anies Capres Nasdem 2024, Demokrat: Selaras dengan Kriteria AHY

Demokrat punya sejumlah kriteria Capres 2024

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi keputusan NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Dia mengatakan, Anies merupakan sosok yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan Demokrat, sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

"Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan ini memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan," ujar Herzaky di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat.

"Jelas bahwa memang Anies memiliki keselaraan dengan kriteria yang disampaikan oleh AHY. Ke depannya bersanding atau seperti apa ya kita lihat," sambung dia.

Baca Juga: Jadi Capres NasDem, Anies: Kami Terima, Kami Siap!

1. Kriteria capres Demokrat

Anies Capres Nasdem 2024, Demokrat: Selaras dengan Kriteria AHYilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Herzaky menjelaskan, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sosok capres bila ingin diusung Demokrat. Di antaranya memiliki integritas, elektabilitas, hingga semangat membawa perubahan.

"Terkait figur capres dan cawapres seperti yang disampaikan oleh Ketum AHY saat Rapimnas Partai Demokrat 15 September lalu, kami itu memiliki kriteria tersendiri yang menitikberatkan kepada integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry, dan yang paling penting adalah memiliki semangat perubahan dan perbaikan," kata dia.

Baca Juga: NasDem Resmi Deklarasikan Anies Capres 2024: Pimpinlah Bangsa Ini

2. Demokrat hargai keputusan NasDem usung Anies

Anies Capres Nasdem 2024, Demokrat: Selaras dengan Kriteria AHYIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, Herzaky menegaskan Demokrat menghargai pilihan NasDem yang mendorong Anies maju sebagai Capres 2024.

"Ada beberapa hal yg ingin kami sampaikan dulu. Demokrat menghormati kemandirian dan independensi tiap parpol dalam proses pengambilan keputusan karena ini sesuai dengan nilai-nilai yg dianut oleh partai Demokrat," ucap dia.

Menurut dia deklarasi dukungan itu merupakan hak partai politik (parpol) dalam mengambil keputusan. 

"Karena itu pula Demokrat menyambut baik langkah NasDem yg hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024," imbuh Herzaky.

Baca Juga: Majelis Warga Deklarasi Anies Capres 2024 

3. NasDem deklarasikan Anies jadi Capres 2024

Anies Capres Nasdem 2024, Demokrat: Selaras dengan Kriteria AHYAnies Baswedan, Capres Pilihan Partai Nasdem untuk tahun 2024 (IDN Times/Fauzan)

DPP Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres), yang akan diusung pada Pilpres 2024. Deklarasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Surya Paloh menitipkan bangsa Indonesia kepada Anies. Dia berharap, Anies mampu memimpin bangsa Indonesia dengan baik apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

"Ini lah mengapa kami kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke ke depan, insyaAllah jika saudara Anies Baswedan terpilih, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," ujar Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dalam deklarasi itu, Anies Baswedan duduk bersebelahan dengan Surya Paloh. Di belakangnya, ada sejumlah pengurus DPP Partai NasDem.

Diketahui, Anies merupakan salah satu nama dari tiga yang dijadikan bakal capres 2024 dari hasil Rakernas NasDem. Tiga nama itu ada Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Meski demikian, NasDem tak bisa sendirian dalam mengusung calon presidennya. Sebab, perolehan suara NasDem tak memenuhi presidential threshold atau ambang batas capres minimal 20 persen.

Pada pemilu 2019, NasDem memperoleh suara 9,05 persen. Dengan demikian NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lain dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya