Blusukan ke Smelter, Menaker Pastikan K3 Diterapkan dengan Baik

Bulan K3 diperingati 12 Januari hingga 12 Februari 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menggelar peringatan dan pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 di Smelter PT Freeport Indonesia, Gresik pada Jumat, 12 Januari 2024.

Selain pencanangan, pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional di smelter bertujuan memastikan bahwa aspek K3 telah diterapkan dengan baik di smelter.

"Hari K3 Nasional kita tempatkan di Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, untuk menunjukkan bahwa ini perusahaan yang diminta oleh pemerintah untuk melakukan hilirisasi," kata dia.

Baca Juga: Adakan Pertemuan dengan Menpan-RB, Menaker Bahas Reformasi Birokrasi

1. Untuk menjawab kekhawatiran masyarakat

Blusukan ke Smelter, Menaker Pastikan K3 Diterapkan dengan Baik

Ida juga menjelaskan, kunjungan itu juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap smelter yang mengesampingkan K3.

"Karena ada beberapa kecelakaan kerja di tempat lain, khawatir masyarakat memiliki persepsi bahwa bekerja di Smelter ini tidak memperhitungkan K3-nya," ujar Ida Fauziyah.

"Selain itu kami ingin melihat, ini sebenarnya K3-nya seperti apa?" lanjutnya.

Baca Juga: Menaker Ida: Indonesia Siap Kolaborasi dengan Negara-negara OKI

2. Ida berdialog dengan buruh smelter

Blusukan ke Smelter, Menaker Pastikan K3 Diterapkan dengan Baik

Ida pun berkeliling Smelter PT Freeport Indonesia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, tersebut.

Usai berkeliling Smelter, dia berdialog dengan para pekerja di industri smelter, utamanya terkait penerapan K3. Para buruh itu mengaku bahwa K3 telah diterapkan dengan baik di Smelter tersebut.

"Pelaksanaan K3 sudah bagus. Kalau terjadi apa-apa penanganannya itu sudah cepat," kata salah seorang pekerja, David Muktiaji Semarang.

3. Bulan K3 diperingati 12 Januari sampai 12 Februari 2024

Blusukan ke Smelter, Menaker Pastikan K3 Diterapkan dengan Baikilustrasi perusahaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagaimana diketahui, bulan K3 Nasional diperingati setiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2024. Pada tahun ini tema utama Bulan K3 Nasional adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Tema tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk terus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang mana akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3.

Pemerintah meyakini, budaya K3 ini merupakan salah satu syarat dalam membentuk ekosistem ketenagakerjaan yang unggul.

Baca Juga: Pemerintah Terus Tingkatkan Kompetensi Ahli K3

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya