Cak Imin Ngaku Senang Jika PDIP Mau Gabung Koalisi Gerindra-PKB

Gabungnya PDIP dinilai sebagai komposisi ideal

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku senang apabila nantinya PDIP memutuskan untuk bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB.

"Senang sekali kalau PDIP bersama kita, sangat senang," ujar dia kepada wartawan saat acara peluncuran bukunya di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Sindir Hasil Survei, PKB: Kenapa Hanya Anies, Ganjar, Prabowo?

1. Muhaimin nilai gabungnya PDIP di koalisi sebagai komposisi ideal

Cak Imin Ngaku Senang Jika PDIP Mau Gabung Koalisi Gerindra-PKBKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Rapimnas Gerindra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini menuturkan, jika PDIP masuk dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) maka akan kekuatan politik yang ideal.

Hanya saja, perlu dipikirkan ulang terkait calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusung pada 2024 mendatang.

"Komposisi yang bagus, tapi tentu harus dibahas lagi detailnya yaitu tentu komposisi capres dan cawapres harus didiskusikan," kata Cak Imin.

Baca Juga: Elektabilitas PPP Anjlok, Pengamat: Nahdliyin Pindah Haluan ke PKB

2. Tanggapan Cak Imin soal pertemuan PDIP dengan Gerindra

Cak Imin Ngaku Senang Jika PDIP Mau Gabung Koalisi Gerindra-PKBKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/Istimewa)

Kemudian, Cak Imin menegaskan, apabila PDIP ingin berkoalisi dengan Gerindra sudah seharusnya mendapat persetujuan dari pihak PKB.

Begitu pula berlaku jika ada partai politik (parpol) lain yang ingin masuk dalam koalisi.

"Iya karena kita sama Gerindra udah tanda tangan untuk semua keputusan adalah di Pak Prabowo sama saya," ujar dia.

Baca Juga: Sindir Hasil Survei, PKB: Kenapa Hanya Anies, Ganjar, Prabowo?

3. Muhaimin bakal temui Puan untuk bicara empat mata

Cak Imin Ngaku Senang Jika PDIP Mau Gabung Koalisi Gerindra-PKBWakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar nonton film Srimulat. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dia lantas menjelaskan bakal berkomunikasi langsung dengan pihak PDIP, terutama Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk membahas soal koalisi Gerindra dan PKB.

"Sehingga besok Minggu ini saya ketemu Bu Puan. Khusus empat mata dengan Bu Puan untuk mem-follow up apa yang menjadi ikatan Gerindra dan PKB," imbuh dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya