CEK FAKTA: Prabowo Tolak IKN agar Program Makan Siang Gratis Jalan

Prabowo tegaskan tetap akan lanjutkan proyek IKN

Intinya Sih...

  • Prabowo menegaskan dukungannya untuk melanjutkan proyek IKN yang digagas oleh Jokowi.
  • Prabowo juga menegaskan komitmennya untuk menjalankan program makan siang gratis sebagai persiapan kualitas sumber daya manusia dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

Jakarta, IDN Times - Beredar video yang memuat narasi bahwa presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto menolak proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, selesai.

Video tersebut diunggah oleh saluran YouTube @satubangsa pada 20 Mei 2024.

Baca Juga: Silaturahmi, Pimpinan MPR-JK Bahas Perbaikan Pemerintahan Prabowo

1. Dinarasikan Prabowo tolak proyek IKN demi program makan siang gratis

CEK FAKTA: Prabowo Tolak IKN agar Program Makan Siang Gratis Jalan

Dalam postingan berdurasi sepuluh menit lebih itu, dinarasikan bahwa Prabowo menolak melanjutkan proyek IKN demi memuluskan janji kampanye soal makan siang gratis.

Kemudian, dalam caption video juga Prabowo diklaim mulai melawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kabar menggemparkan, Jokowi pucat gemetaran, Prabowo terang-terangan tolak IKN," bunyi tulisan dalam ilustrasi yang dibuat.

Selain itu, narasi berupa suara dalam video juga menyebut bahwa Jokowi sudah mengetahui bahwa Prabowo tak akan melanjutkan IKN.

"Waduh, Jokowi mengakui bahwa Prabowo tak akan serius dalam melanjutkan proyek kebanggaannya IKN. Hal ini bisa jadi karena dia lebih fokus pada program andalannya, makan siang gratis yang saat ini lagi pusing pikirkan realisasinya dan sumber dananya. Karena program kebanggaan keduanya ini terancam gagal, masalahnya APBN dihabiskan untuk dua program ini yang pasti harus ada prioritas IKN atau makan siang. Gesekan ini juga bisa jadi masalah pada hubungan mereka," ucap suara seseorang menarasikan isu tersebut.

Baca Juga: Luhut: Elon Musk Sangat Senang Bertemu Prabowo

2. Prabowo pastikan akan lanjutkan IKN dan tetap jalankan program makan siang gratis

CEK FAKTA: Prabowo Tolak IKN agar Program Makan Siang Gratis JalanPresiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama usai ditetapkan dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Prabowo sendiri beberapa kali menegaskan bahwa dirinya mendukung serta berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan pembangunan IKN yang digagas oleh Presiden Jokowi.

Ketua Umum Gerindra itu menjelaskan, kebijakan untuk memindahkan ibu kota Indonesia pada dasarnya sudah digagas sejak masa pemerintahan Presiden Pertama RI, Presiden Soekarno.  

“Ide untuk memindahkan ibu kota sebenarnya telah ada sejak bertahun-tahun lalu, bahkan sejak Presiden Pertama RI, Presiden Soekarno dan selalu ada usulan agar ibu kota sebaiknya berada di posisi yang lebih sentral,” kata Prabowo dalam wawancara kepada Al Jazeera, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, Jakarta saat ini dihadapkan pada sejumlah masalah, salah satunya, sudah tidak mampu lagi menampung populasi masyarakat yang angkanya mencapai 20 hingga 25 juta orang. 

“Kita harus berinvestasi lebih banyak untuk menyelamatkan Jakarta,” imbuh Prabowo.

Dalam wawancara tersebut, Prabowo juga menegaskan komitmennya untuk melindungi serta menjamin kesejahteraan masyarakat adat yang berada di IKN. 

“Kepentingan, keamanan dan masa depan seluruh masyarakat adat adalah prioritas utama, menurut saya. Kita harus melindungi mereka, kita harus mengamankan kehidupan mereka dan kita harus melakukan banyak perencanaan serta penelitian agar kita tidak menggusur terlalu banyak orang,” tegas Prabowo.

“Dan jika kita melakukan hal tersebut, kita harus memberikan kompensasi, kita harus menjamin kesejahteraan mereka,” sambung dia.

Lebih lanjut, dalam wawancara itu Prabowo juga menyampaikan komitmennya untuk menjalankan program makan siang gratis. Menurutnya, program tersebut bersifat sangat mendesak karena berkaitan dengan persiapan kualitas sumber daya manusia dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Sri Mulyani Serahkan Kenaikan PPN Jadi 12 Persen ke Prabowo

3. Isu Prabowo tolak IKN dipastikan hoaks

CEK FAKTA: Prabowo Tolak IKN agar Program Makan Siang Gratis Jalanilustrasi berita bohong atau hoaks yang ada di internet (freepik.com/freepik)

Dengan demikian, bisa disimpulkan isu Prabowo menolak proyek IKN yang digagas oleh Jokowi merupakan informasi hoaks.

Prabowo sendiri menegaskan berkomitmen akan melanjutkan pembangunan IKN dan tetap menjalankan program makan siang gratis di pemerintahannya mendatang.

Baca Juga: Raksasa Energi UEA Kaji Pembangunan Proyek EBT 200 MW di IKN

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya