Gibran Pastikan Tak Maju di Pilgub DKI karena Pilkada Masih Lama

Gibran bantah isu yang beredar soal maju pada Pilkada DKI

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menepis kabar yang menyebutkan, dia akan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub)  DKI Jakarta 2024 mendatang.

"Enggak (maju Pilgub DKI)," kata Gibran di Sekolah Partai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jumat (17/6/2022).

Ketika ditanya lebih lanjut, apakah dia sudah menyiapkan rencana untuk maju di Pilkada DKI, Gibran kembali menegaskan tidak ada rencana itu.

Menurutnya, pilkada masih beberapa tahun lagi sehingga belum ada rencana ke arah sana. "Itu udah saya jawab (tidak), ya kan masih jauh," ucap Gibran.

Baca Juga: Cerita Gibran Tidur di Barak PDIP dan Beli Baju di Kantin

1. PDIP minta Gibran tunjukkan legacy

Gibran Pastikan Tak Maju di Pilgub DKI karena Pilkada Masih LamaWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) sedang berbincang dengan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (kanan) di Sekolah PDIP di Lenteng Agung pada Kamis, 16 Juni 2022. (Dokumentasi PDIP)

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta Ganjar untuk lebih dulu menunjukkan kemampuan atau kapasitas dalam memimpin, jika ingin maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. 

"Ya setiap pemimpin harus menunjukkan kapasitas kepemimpinannya. Istilah populernya meninggalkan legacy, membangun kemajuan, di situlah pemimpin akan mengalami ujian-ujian termasuk Mas Gibran," ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

2. Gibran dan Ganjar kumpul di rakor kepala daerah PDIP

Gibran Pastikan Tak Maju di Pilgub DKI karena Pilkada Masih LamaRakor Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

DPP PDIP menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Ratusan kepala daerah yang merupakan kader PDI Perjuangan hadir dalam rakor yang digelar sejak Kamis (16/6/2022) itu.

Selain Gibran, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir dalam acara ini. Pengurus DPP PDI Perjuangan yang hadir di lokasi adalah Sekjen Hasto Kristiyanto serta sejumlah Ketua DPP, yakni Komarudin Watubun, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Nusyirwan Soedjono, Sri Rahayu, dan Rokhmin Dahuri. 

Sementara, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati hadir secara virtual. 

3. Megawati pesan agar kepala daerah harus jadi pemimpin, bukan pejabat

Gibran Pastikan Tak Maju di Pilgub DKI karena Pilkada Masih LamaKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Dalam acara tersebut, Megawati berpesan kepada kepala/wakil kepala daerah untuk menjadi pemimpin, bukan pejabat. Sehingga harus memiliki tanggung jawab melayani masyarakat.

"Menjadi pemimpin yang punya tanggung jawab yang memahami seluruh kehendak rakyat, dan untuk itulah PDI Perjuangan dibentuk sebagai wahana di dalam mempersiapkan kader-kader pemimpin bukan kader-kader pejabat," kata Megawati.

Baca Juga: PDIP Minta Kepala Daerah Tidur di Barak, Ini Pengalaman Gibran

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya