Hari Ini, PA 212 dan FPI Demo Tolak Kedatangan Timnas Israel

Demo digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) bernapaskan Islam berencana akan menggelar aksi tolak kedatangan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola U20 Israel ke Indonesia.

Koordinator Aksi 203 Tolak Timnas Israel, Buya Husein memastikan aksi tersebut akan digelar pada hari ini, Senin (20/3/2023) di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pukul 13.00 WIB.

"PA 212 bersama ormas nasional lainnya tolak kedatangan Timnas sepak bola Israel U-20 ke Indonesia," kata dia saat dihubungi IDN Times, Minggu (19/3/2023).

Baca Juga: Israel di Piala Dunia U-20, Gubernur Edy: Jika Hantu Punya Tim Main!

1. Mengkhianati amanat konstitusi

Hari Ini, PA 212 dan FPI Demo Tolak Kedatangan Timnas IsraelKoordinator lapangan (korlap) Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) Aksi Bela Rakyat 2309, Buya Husein (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Buya Husein lantas menjelaskan sejumlah alasan pihaknya menggelar demo bertajuk Aksi 203 Tolak Timnas Sepak Bola Israel U-20. Pihaknya menilai, kedatangan Timnas U-20 Israel itu sebagai bentuk pengkhianatan terhadap amanat konstitusi.

"Menerima kedatangan Timnas U20 Israel sama saja mengkhianati amanat konstitusi yang telah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa," ujar dia.

Baca Juga: Dubes Palestina: Dukungan Indonesia Tak Berubah Meski Israel Datang

2. Melukai Palestina sebagai negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia

Hari Ini, PA 212 dan FPI Demo Tolak Kedatangan Timnas IsraelIlustrasi Bendera Palestina (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selain itu, kata Buya Husein, Israel merupakan negara penjajah, yang hingga detik ini masih menduduki dan menjajah, bahkan masih melakukan agresi terhadap Palestina.

"Padahal dalam Pembukaan UUD 1945 tertulis, 'bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan'," ucap dia.

Oleh sebabnya, dia menegaskan, Indonesia harus sangat menolak keras segala bentuk penjajahan dimanapun itu berada. Termasuk penjajahan dan pendudukan Israel terhadap Palestina.

Mengingat, Palestina merupakan negara Timur Tengah yang pertama kali mengakui kedaulatan kemerdekaan, pada saat awal Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. 

"Artinya itu (kedatanagan Timnas Israel) sangat melukai dan menyakiti perasaan atau hati saudara-saudara kita di Palestina," tutur dia.

Buya Husein juga mengatakan, pihaknya sangat mendukung FIFA untuk mencoret Israel dari PialaDunia U-20 yang digelar di Indonesia.

Baca Juga: MUI Tak Mau Gegabah Sikapi Israel di Piala Dunia U-20

3. Aksi 203 dihadiri FPI hingga GNPF Ulama

Hari Ini, PA 212 dan FPI Demo Tolak Kedatangan Timnas IsraelGerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) menggelar demo tolak kenaikan harga BBM di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Buya Husein memastikan, aksi tersebut dihadiri sejumlah ormas Islam, di antaranya Front Persaudaraan Islam (FPI), PA 212, Gerakan, dan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

"Dari ormas-ormas, ada FPI, PA 212 dan GNPF Ulama," tutur dia.

Dia juga tak memungkiri, Aksi 203 tersebut akan dihadiri ormas lain yang biasa ikut dalam demo yang digelar PA 212 dan FPI.

"Dan kemungkinan juga akan dihadiri ormas-ormas yang biasa bergabung bersama kita dalam setiap AKSI, seperti sebelumnya," ucap Buya Husein.

Lebih lanjut, Buya Husein memperkirakan, aksi tersebut akan dihadiri minimal 500 orang.

"Kita perkirakan dihadiri minimal 500 orang," imbuh dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya