Isu Kaesang Terjun ke Politik, Sandiaga: Saya Dengar Masuk Gerindra?

Mayoritas pemilih di 2024 berasal dari generasi muda

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sekaligus Menparekraf, Sandiaga Uno menanggapi kabar yang menyebut putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep ingin terjun ke dunia politik.

Saat diminta tanggapan terkait hal tersebut, Sandiaga justru bekelakar dan bertanya balik bahwa Kaesang masuk ke Partai Gerindra.

"Saya denger mau masuk Gerindra ya?," kata dia sambil tertawa saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Kaesang Ungkap Minat untuk Terjun ke Politik, Jokowi-Gibran Terkejut

1. Politikus muda diharapkan di 2024

Isu Kaesang Terjun ke Politik, Sandiaga: Saya Dengar Masuk Gerindra?Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sandiaga lantas menuturkan, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, keberadaan politikus muda sangat diharapkan oleh pemilih. Mengingat mayoritas pemilih di 2024 berasal dari kalangan anak muda, yakni generasi milenial dan z.

"Saya hanya baca-baca tapi ini yang sebetulnya kita harapkan anak-anak muda karena populasi kita ini mayoritas generasi milenial dan generasi z," ucap dia.

Baca Juga: Kaesang Mau Maju jadi Kepala Daerah, Gibran: Aku Munggah!

2. Sandiaga imbau anak muda tak apatis terhadap politik

Isu Kaesang Terjun ke Politik, Sandiaga: Saya Dengar Masuk Gerindra?Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri Sidang Tahunan MPR DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sandiaga juga mengimbau jangan sampai generasi muda sebagai penentu arah politik justru apatis. Sebaliknya, justru generasi muda harus aktif dan terjun ke dunia politik.

"Politik ini juga jangan sampai kalangan muda apatis terhadap politik justru mereka harus mengambil peran," tutur dia.

Baca Juga: Sandiaga Hadir Peresmian Sekber Gerindra-PKB, Tepis Isu Pindah Partai?

3. Kaesang dinilai sudah mengerti tugas seorang politikus

Isu Kaesang Terjun ke Politik, Sandiaga: Saya Dengar Masuk Gerindra?Kaesang (Instagram.com/kaesangp)

Mantan calon wakil presiden pada 2019 ini juga menilai Kaesang sebagai sosok yang berpotensi untuk menjadi politikus. Menurut dia, terjun ke dunia politik merupakan bentuk pengabdian. Semakin banyak anak muda yang bergabung ke dunia politik, maka semakin besar membawa angin segar perpolitikan tanah air.

"Dan seandainya bisnisnya seperti Mas Kaesang kan sudah mapan, punya keluarga yang sekarang sangat aktif di politik jadi dia sangat mengerti tentang apa yang menjadi tanggung jawab dan apa yang menjadi tugas dari seorang politisi," tutur Sandiaga.

"Tentunya menyambut baik bahwa ini bagian daripada pengabdian, dan kita harus amanah saya yakin Mas Kaesang ini kalau saya lihat dari kiprahnya di bisnis ya, sangat cepat dan bisa menangkap peluang ini mungkin dia bisa membawa suatu angin segar di dunia perpolitikan kita," imbuh dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya