Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres, Digelar Lima Kali Mulai Desember

Dimulai 12 Desember 2023

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari memastikan jadwal debat capres dan cawapres pada Pemilu 2024 digelar sebanyak lima kali.

Jadwal debat capres - cawapres tersebut dimulai pada Selasa, 12 Desember 2023. Kemudian ditutup pada Minggu, 4 Februari 2024.

1. Jadwal lengkap debat capres dan cawapres

Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres, Digelar Lima Kali Mulai DesemberIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Berikut ini jadwal lima debat capres dan cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023

2. Jumat, 22 Desember 2023

3. Minggu, 7 Januari 2024

4. Minggu, 14 Januari 2024

5. Minggu, 4 Februari 2024

Baca Juga: Dikritik Seperti Cerdas Cermat, Debat Capres Akan Dibuat Lebih Menarik

2. Debat capres cawapres akan dibuat lebih menarik

Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres, Digelar Lima Kali Mulai DesemberKetua KPU RI Hasyim Asy'ari bersama sejumlah komisioner di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, KPU menggelar diskusi dengan sejumlah pihak untuk merumuskan tema dan isu strategis terkait pelaksanaan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2024.

Adapun sejumlah lembaga yang diundang di antaranya perwakilan dari Kemendagri, Walhi, Kemenaker, Menko PMK, IESR, Fisipol UGM, Bappenas, Kemenko Perekonomian, hingga perwakilan paslon.

Hasyim menuturkan pihaknya meminta masukan dari berbagai pihak agar jalannya debat lebih berkualitas. Dia tak memungkiri, debat capres dan cawapres yang digelar KPU kerap menuai kritik dari masyarakat.

"Oleh karena itu mohon bantuan bapak ibu untuk memberikan masukan kepada kami tentang metode yang pas, yang tepat. Yang kemudian debatnya seringkali kan dikritik debatnya kayak cerdas cermat ya kira-kira begitu," kata Hasyim dalam sambutan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga: Bawaslu Putuskan KPU Langgar Aturan Kuota Caleg Perempuan

3. Tema debat membahas isu nasional hingga global

Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres, Digelar Lima Kali Mulai DesemberIlustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

KPU berharap debat calon presiden dan wakil presiden realistis dan keberlanjutan. Sebab, tema yang dibahas harus sesuai dengan situasi geopolitik regional maupun global.

"Demikian juga isu-isu kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dan seterusnya itu juga supaya mohon maaf ya, sekali lagi para calon itu tidak bicara sembarangan, karena program sudah ada, uangnya juga sudah ditentukan, supaya kemudian nanti syukur-syukur bapak ibu dari Kementerian Bappenas, Kemenkeu dapat memaparkan sebagai bahan nanti kami berbicara kepada pasalon mengenai situasi keuangan seperti apa," jelas Hasyim.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya