Jelang Pendaftaran, Erick Thohir Masih Potensial Dampingi Prabowo

Prabowo dan Erick punya visi sama

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir disebut masih menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres) potensial untuk dampingi capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto jelang tahapan pendaftaran paslon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim menilai salah satu modal kuat Erick Thohir maju di 2024 karena sosoknya yang dikenal sebagai orang kepercayaan dan dekat dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

1. Prabowo dan Erick punya visi sama

Jelang Pendaftaran, Erick Thohir Masih Potensial Dampingi Prabowo(Instagram/Prabowo)

Kennedy juga mengatakan, Erick Thohir pantas mendampingi Prabowo karena mempunyai visi yang sama. Salah satunya mengenai keberlanjutan program yang sedang dikerjakan Jokowi saat ini.

“Erick Thohir dianggap sebagai kandidat yang paling pantas mendampingi Prabowo untuk meneruskan keberlanjutan legacy, program-program pemerintahan Jokowi,” kata Kennedy dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga: Yusril: Rosan Roeslani Dipertimbangkan Jadi Ketua Pemenangan Prabowo

2. Erick Thohir representasi keberlanjutan Jokowi

Jelang Pendaftaran, Erick Thohir Masih Potensial Dampingi PrabowoPresiden Jokowi nonton Timnas Indonesia vs Argentina bareng Prabowo dan Erick Thohir (dok. Sekretariat Presiden)

Menurut Kennedy, apabila Prabowo menginginkan keberlanjutan pemerintahan maka Erick Thohir merupakan opsi tepat untuk dipilih menjadi cawapres. Sebab, Erick Thohir merupakan simbol dari keberlanjutan Jokowi.

Itu tak terlepas dari hubungan yang dekat antara Jokowi dan Erick Thohir. Salah satunya terlihat dari seringnya Erick Thohir mendapat amanat dari Jokowi untuk menangani berbagai hal penting.

Terbaru, Erick Thohir mendapatkan penugasan khusus untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) ad interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan sementara. Tak hanya itu, Erick Thohir bahkan turut mendapat kepercayaan menjadi panitia pernikahan anak ketiga Jokowi yakni Kaesang Pangarep.

“Erick Thohir punya keunggulan sebagai simbol representasi keberlanjutan Jokowi di Koalisi Indonesia Maju,” ucap Kennedy.

Baca Juga: Budiman: Gibran Secara Politik Terikat ke Megawati ketimbang Jokowi

3. Prabowo: Nama cawapres mengerucut empat nama

Jelang Pendaftaran, Erick Thohir Masih Potensial Dampingi PrabowoJajaran ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai menggelar pertemuan di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Prabowo menyebutkan, cawapres hang akan mendampinginya di Pilpres 2024 sudah mengerucut menjadi empat nama.

Menurut Prabowo, keempat nama tersebut merupakan hasil diskusi dengan para ketua umum parpol KIM.

"Tentang cawapres kita juga tadi melaksanakan diskusi di mana setiap ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya, yang akhirnya kita malam hari ini sudah mengerucut menjadi empat nama," kata Prabowo usai menggelar pertemuan dengan para ketua umum parpol KIM di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) malam.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu mengatakan, empat nama cawapres tersebut ada yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan luar Jawa.

"Empat nama yang bisa disampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," ujar Prabowo.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya