Comscore Tracker

Jokowi Sebut soal Pemimpin Rambut Putih, Prabowo Pamer Uban

Jokowi sebut pemimpin rambut putih pikirkan rakyat

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menanggapi pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo soal pemimpin rambut putih.

Hal tersebut diungkapkan Prabowo usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Survei Capres: Prabowo Paling Dikenal, Ganjar Paling Disukai

1. Prabowo pamer rambut putih di kepalanya

Jokowi Sebut soal Pemimpin Rambut Putih, Prabowo Pamer UbanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dalam kesempatan itu, awalnya Prabowo menanggapi santai pertanyaan awak media soal ciri pemimpin yang memikirkan rakyat dan layak dipilih. Dia hanya tampak tertawa sambil berjalan dan diikuti rombongan awak media.

Kemudian, Prabowo tampak memamerkan rambut putih alias uban di kepalanya.

"Ini putih banyak kan, putih," ujar dia sambil menunjuk kepalanya, diiringi gelak tawa.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

2. Pernyataan Jokowi soal pemimpin rambut putih

Jokowi Sebut soal Pemimpin Rambut Putih, Prabowo Pamer UbanPresiden Joko Widodo memberikan pemaparan saat menjadi pembicara kunci pada Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta, Kamis (27/2/2020) (ANTARA FOTO/Restu P)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada relawan Gerakan Nusantara Bersatu agar memilih Presiden yang mengerti rakyat pada 2024 nanti. Hal itu ia sampaikan di depan 150 ribu relawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/11/2022).

Pemimpin yang mengerti rakyat, kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga kerutan wajah.

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Baca Juga: Acara Relawan Jokowi Disebut Pakai Dana BUMN, Politikus PDIP Bersuara

3. Pengamat nilai sinyal Jokowi soal rambut putih tak terkait tokoh capres

Jokowi Sebut soal Pemimpin Rambut Putih, Prabowo Pamer UbanPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menurut pengamat Politik dari Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas pernyataan Jokowi soal sosok pemimpin yang layak dipilih tersebut hanya bentuk simbolik atau gimik politik jelang kontestasi Pemilu 2024. Hal itu, dinilainya, sama sekali tak tertuju kepada salah satu nama capres kuat yang digadang-gadang maju.

"Pernyataan Joko Widodo (Jokowi) dihadapan para relawannya yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno tentang rambut putih dan kerutan diwajah hanyalah pernyataan simbolik saja. Saya melihat bukan ditujukan pada satu sosok saja, tetapi hanya simbolik saja," ujar Fernando dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Dia menilai pernyataan itu merupakan harapan dari Jokowi bahwa pemimpin di 2024 mendatang bisa melanjutkan estafet pembangunan di era kepemimpinannya. Diharapkan presiden setelahnya mampu berpikir dan bekerja untuk rakyat.

"Jokowi berharap, pemimpin mendatang yang akan melanjutkan kepemimpinannya diharapkan yang benar-benar berpikir dan bekerja untuk rakyat. Jadi sebaiknya, jangan terlalu 'GR' sosok yang mirip seperti disebutkan oleh Jokowi," ucap dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya