Comscore Tracker

Kata Mendagri Tito soal Memimpin DKI Jakarta: Masalahnya Kompleks

Tito ucapkan terima kasih ke Anies dan Riza

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menyampaikan bahwa tidak mudah mengatasi berbagai permasalahan di DKI Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Tito dalam pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, sekaligus permberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terdahulu Anies Baswedan dan Riza Patria.

Baca Juga: Sah! Heru Budi Resmi Menjabat Pj Gubernur DKI Jakarta

1. Tito sebut pimpin Jakarta bukan perkara mudah

Kata Mendagri Tito soal Memimpin DKI Jakarta: Masalahnya KompleksMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (dok. Puspen Kemendagri)

Dalam kesempatan itu, Tito juga mengucapkan terima kasih kepada Anies dan Riza. Dia menilai, berdasarkan pengalamannya sebagai Kapolda Metro Jaya, memimpin ibu kota sangat sulit.

"Saya kira, saya pernah lama dinas di Jakarta termasuk di Kapolda Metro Jaya, tidak ringan permasalahan di Jakarta, sangat-sangat kompleks sekali, tapi bapak (Anies dan Riza) alhamdulilah bisa menyelesaikannya," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Anies Duduk Semeja dengan Surya Paloh, JK, SBY, AHY dan Syaikhu

2. Mendagri ucapkan selamat ke Heru Budi sebagai Pj Gubernur DKI

Kata Mendagri Tito soal Memimpin DKI Jakarta: Masalahnya KompleksPelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Bupati Yapen, dan Pj Bupati Tolikara oleh Mendagri Tito Karnavian (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, Tito juga mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Heru Budi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan posisi Anies.

"Kemudian kepada Bapak Heru, kami ucpakan selamat atas amanah dari Allah SWT dan kepercayaan dari pimpinan negara, bapak presiden, dengan tugas yang baru," ujar Tito

Baca Juga: Anies dan Riza Hadiri Pelantikan Pj Gubernur DKI Heru Budi

3. Heru Budi dilantik sebagai Pj Gubernur DKI

Kata Mendagri Tito soal Memimpin DKI Jakarta: Masalahnya KompleksPelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Bupati Yapen, dan Pj Bupati Tolikara oleh Mendagri Tito Karnavian (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Tito menuturkan bahwa pelatikan Heru sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Bersamaan dengan itu, Heru Budi juga dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Keppres 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan Tahun 2017-2022, dan pengangkatan Penjabat Gubenur DKI Jakarta," tutur Tito.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya