Kemendagri Gelar Rakornas Kepala Daerah 2023, Ini Agenda yang Dibahas

Pemerintah pusat koordinasi dengan daerah tekan inflasi

Bogor, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Forkopimda 2023 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Mendagri Tito Karnavian memastikan acara tersebut digelar atas arahan langsung dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden pada Jumat, 6 Januari 2023 kepada kami, pada hari ini diselenggarakan rapat koordinasi nasional yang dihadiri oleh pemerintah pusat dan daerah," ujar Tito, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Jokowi Kutip Ramalan IMF: Hati-hati! Sepertiga Dunia Resesi di 2023

1. Rakornas kepala daerah usung tema pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi

Kemendagri Gelar Rakornas Kepala Daerah 2023, Ini Agenda yang DibahasPresiden Joko "Jokowi" Widodo buka Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Sentul International Convention Centre, Bogor (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mantan Kapolri ini menjelaskan, acara tersebut digelar dengan tujuan membahas kondisi pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, menghadapi ancamann resesi global 2023.

"Rakornas digelar dengan tema penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi," kata Tito.

Baca Juga: Mahasiswa Ini Tolak 3 Periode di Depan Relawan Jokowi

2. Tito pastikan Kemendagri gelar rapat koordinasi rutin dengan kepala daerah

Kemendagri Gelar Rakornas Kepala Daerah 2023, Ini Agenda yang DibahasMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (dok. Puspen Kemendagri)

Tito memastikan, sebagai upaya pengendalian inflasi daerah, Kemendagri bersama kementerian dan lembaga terkait telah melaksanakan berbagai penanganan, di antaranya rapat koordinasi rutin. 

"Kita menggelar rapat koordinasi rutin mingguan, pengendalian inflasi daerah setiap Senin yang diikuti seluruh kepala daerah, jajaran Forkompinda, pimpinan instansi vertikal tingkat provinsi dan kabupaten/kota sejak oktober 2022 sampai dengan saat ini," ucap dia.

Baca Juga: Catatan Kemendagri untuk Provinsi Baru Papua Barat Daya

3. Acara dibuka langsung Jokowi

Kemendagri Gelar Rakornas Kepala Daerah 2023, Ini Agenda yang DibahasPresiden Joko "Jokowi" Widodo buka Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Sentul International Convention Centre, Bogor (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 dibuka langsung Presiden Jokowi. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan kepada kepala daerah untuk bekerja sungguh-sungguh mengawasi pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi dunia yang serba tak menentu.

Jokowi juga menekankan supaya seluruh pihak bekerja keras seperti penanganan awal pandemik COVID-19. Jika kinerja tersebut dilakukan, maka kemungkinan besar kondisi ekonomi Tanah Air terus membaik.

"Dengan mengucapkan bismillah secara resmi saya buka Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023," ucap Jokowi, sambil memukul gong.

Selain Jokowi, hadir pula sejumlah jajaran pejabat lain, di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Yudo Margono, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya