Kemendagri Prediksi Akan Ada 400 Juta Lebih Pencoblosan di Pemilu 2024

Kemendagri pastikan bakal terus memantau dinamika penduduk

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat, nantinya bakal ada lebih dari 400 juta kali pencoblosan di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, jumlah pencoblosan tersebut merupakan akumulasi dari jumlah pemilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakada) 2024.

Baca Juga: 27 Parpol Sudah Daftar Sipol, Siap Bertarung di Pemilu 2024

1. Diperkirakan ada 206 juta pemilih pada Pilpres dan 210 juta pemilih pada Pilkada 2024

Kemendagri Prediksi Akan Ada 400 Juta Lebih Pencoblosan di Pemilu 2024Ilustrasi petugas KPPS. IDN Times/Istimewa

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang ada hari ini, maka akan ada sekitar 206 juta calon pemilih di Pilpres Februari 2024.

Kemudian pada pilkada yang diselenggarakan November 2024, akan ada kurang lebih 210 juta calon pemilih.

"Kalau menggunakan data hari ini, untuk pilpres di bulan Februari sekitar 206 juta dan di pilkada November kurang lebih 210 juta," kata Zudan, dalam acara perjanjian kerja sama antara KPU dan Dukcapil Kemendagri di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2022).

2. Angka calon pemilih masih bisa berubah

Kemendagri Prediksi Akan Ada 400 Juta Lebih Pencoblosan di Pemilu 2024ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Kendati begitu, Zudan menegaskan, data tersebut belum pasti karena masih bisa berpotensi meningkat dan menurun, tergantung dinamika status kependudukan.

"Apakah ini fix datanya? Tidak, ini bergerak data hari ini, karena nanti ada yang pindah masuk TNI/Polri, ada pensiun, dari luar negeri masuk ke dalam negeri, dari dalam negeri ke luar negeri, ada yang meninggal dunia, jadi dinamika tinggi karena masih ada waktu kurang lebih 2 tahun dari sekarang, bulan Juni akhir sampai di Februari dan di November (2024), jadi nanti masih panjang sehingga pergerakannya cukup besar," ucap Zudan.

3. Kemendagri bakal terus memantau

Kemendagri Prediksi Akan Ada 400 Juta Lebih Pencoblosan di Pemilu 2024Ilustrasi pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Dukcapil Kemendagri memastikan, bakal terus memantau secara berkala status kependudukan jelang Pemilu 2024. Sehingga dia berharap bisa menekan adanya gesekan politik yang menimbulkan isu-isu perpecahan.

"Tapi ini prediksinya bisa kita lihat, karena pergerakan setiap hari dalam database kependudukan Kemendagri itu termonitor terus menerus," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Minta KPU Siapkan Data Pemilih

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya