KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024

Tepat 20 bulan sebelum pemungutan suara

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, peluncuran tahapan penyelenggaraan diresmikan tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

"Pada malam ini, Selasa, 14 Juni 2022, kalau dihitung dari hari pemungutan suara, hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, konstitusi dan mandat undang-undang mengamanatkan dimulainya tahapan Pemilu 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membuka acara, Selasa (14/6/2022).

Dia memastikan Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Pencoblosan Pemilu 2024 sendiri bakal diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Artinya tahapan awal dari pemilu mulai 14 Juni 2022.

Peluncuran tersebut dilaksanakan secara simbolis dan ditandai dengan penekanan sirene bersama oleh seluruh anggota KPU RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Ketua DKPP Muhammad, dan sejumlah tokoh lainnya.

Kemudian acara itu juga disaksikan oleh seluruh anggota KPU provinsi se-Indonesia, kabupaten, kota serta unsur pimpinan partai politik calon peserta pemilu.

1. Pemilu 2024 didorong jadi rujukan demokrasi dunia

KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingkan agar gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 jadi rujukan dunia. Oleh sebab itu, Jokowi mendorong supaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan kualitas pemilu dengan benar.

Salah satu yang jadi tolak ukur dari kualitas pemilu ialah jumlah partisipan yang tinggi hingga pemahaman masyarakat terkait hak berpolitik.

"Pada saat menerima komisioner KPU tanggal 30 Mei 2022, presiden mengatakan agar KPU betul-betul menjaga dan meningkatkan kualitas pemilu 2024," ujar Tito ketika membuka acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

"Indonesia, kita harus jadi rujukan dunia dalam penyelenggaraan pemilu, karena itu dorong partisipasi pemilih yang tinggi, termasuk memberikan pendidikan politik segala masif, agar masyarakat paham akan hak-haknya karena menentukan perjalanan bangsa ke depan," sambungnya. 

Baca Juga: Jokowi Minta KPU Siapkan Data Pemilih

2. Persoalan teknis rawan dipolitisasi

KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024IDN Times/Istimewa

Tito menjelaskan, Jokowi juga mengingatkan kembali kepada pihak penyelenggara pemilu supaya memastikan pesoalan teknis karena bisa jadi polemik yang dipolitisasi dan menurunkan kualitas pemilu.

"Presiden juga mengingatkan kewaspadaan terhadap persoalan teknis, yang bisa jadi masalah politis dan mempengaruhi kualitas pemilu. Kita perlu belajar dari pemilu sebelumnya," tutur dia.

Baca Juga: KPU Siap Matangkan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

3. Jokowi minta semua pihak dukung KPU

KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi secara khusus juga memerintahkan kepada Mendagri, Menteri Keuangan, Polri, Pemerintah Daerah, dan jajaran pemerintah lain untuk memberikan dukungan penuh kepada KPU selaku penyelanggara pemilu.

"Dalam berbagai forum tersebut, presiden juga menegaskan memerintahkan kepada Mendagri, menteri keuangan, dan seluruh jajaran pemerintahan, termasuk Polri dan Pemda untuk memberikan dukungan penuh kepada KPU dan jajarannya," ujar Tito.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya