Mahasiswa dari Berbagai Kampus Geruduk DPR Tolak KUHP

Mereka menolak keras disahkannya KUHP

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa yang tergabung dari berbagai kampus menggelar aksi unjuk rasa menolak Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2022).

Pantauan IDN Times di lokasi, ratusan mahasiswa berdatangan sekitar pukul 15.40 WIB. Mereka tiba di depan Kompleks Parlemen dengan melakukan longmarch dari Jalan Gerbang Pemuda, depan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Terlihat massa mahasiswa itu terdiri dari berbagai kampus, di antaranya Uhamka, Esa Unggul, Universitas Indonesia, Moestopo, Bhayangkara Bekasi, Mercu Buana, dan Universitas Pancasila.

Adapun dalam tuntutannya mereka menolak keras disahkannya KUHP karena dianggap membunuh demokrasi.

"Bertahun-tahun berjuang dan beratus-ratus rencana untuk keadilan, tetapi dibuat fana oleh keegoisan negara. Dengan sahnya RKUHP menjadi KUHP yang penuh problematika, demokrasi kita telah dibunuh secara fundamental," bunyi tuntutan yang disuarakan BEM UI.

Selain itu, mereka juga mengenang gugurnya lima mahasiswa dan pelajar akibat aksi penyampaian pendapat pada 2019 lalu.

"Pemerintah dan DPR tampaknya lupa bahwa ada lima nyawa yang gugur akibat gelombang penolakan RKUHP pada tahun 2019," tutur mereka.

Baca Juga: Pro-Kontra KUHP, Mahfud MD: Kalau Ada Pesimistis, Biarkan Saja

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya